Bisnis Pulsa Memang Banyak Resikonya, Tapi Anda Bisa Mengakalinya dengan Cara Ini


Kios Pulsa - Bisnis apapun selalu memiliki resiko tak terkecuali bisnis pulsa. Untuk Anda yang sudah menggeluti usaha ini dan punya kios pulsa sendiri, tentunya sudah paham bahwa resiko yang sering dihadapi adalah banyaknya pesaing, resiko dihutang, keuntungan yang kecil serta besarnya modal yang diperlukan kaitannya untuk pengembangan usaha.

kios pulsa unik -kios pulsa gunung batu - kios pulsa terdekat

Sepintas resiko-resiko tersebut tampak sedikit menakutkan, namun tetap ada jalan yang bisa Anda tempuh untuk mengantisipasi, memecahkan serta menghindarinya. Berdasarkan pada beberapa potensi resiko tersebut, Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Resiko Bisnis Pulsa

Banyaknya Pesaing

Kios pulsa murah Anda hanyalah salah satu dari sekian banyak kios yang menawarkan pulsa dengan harga yang sangat murah sehingga bisnis ini persaingannya sangat ketat. Ini adalah hal yang sangat biasa mengingat bisnis apapun di saat sekarang ini selalu banyak kompetitornya.

Tak tanggung-tanggung, kompetitor tersebut terkadang mengklaim dirinya sebagai kios pulsa termurah. Adanya kompetitor ini terkadang bisa menjadi penghambat, tetapi juga bisa menjadi pendorong berkembangnya usaha tergantung bagaimana Anda menyikapinya.

Sebenarnya, kondisi ini akan membuat Anda lebih kreatif dalam merumuskan jalan keluar supaya kios Anda bisa lebih menarik konsumen. Anda mungkin bisa bermain dari sisi harga yang lebih murah daripada para kompetitor atau bisa juga dengan menambah jam buka kios sehingga saat kios lain sudah tutup, kios Anda masih melayani pembeli.

Resiko Dihutang

Resiko diutang adalah sesuatu yang biasanya sering dilakukan oleh teman dan tetangga dengan berbagai alasannya. Anda harus tahu bahwa menghutangkan pulsa adalah tindakan yang bisa mengganggu bisnis pulsa. Karenanya, Anda harus mencegah kemungkinan adanya resiko ini dengan cara tidak memberikan ruang bagi siapa saja untuk berhutang sejak pertama kali Anda memulainya.

Anda tidak perlu takut untuk melakukan tindakan pencegahan ini. Cukup katakan dengan sopan bahwa Anda tidak melayani hutang pulsa. Jika Anda melakukan hal ini dengan disiplin, lama kelamaan mereka juga akan menerima aturan yang Anda tetapkan ini. Ada baiknya jika Anda menerapkan prinsip bayar terlebih dahulu, dilayani kemudian supaya. Anda terhindar dari resiko diutang.

Keuntungannya Kecil

Hal ini akan sangat terasa jika Anda memilih untuk menghadapi pesaing dengan cara menurunkan harga. Untuk mengakalinya, Anda bisa melakukan perluasan bisnis dengan cara mencari agen baru untuk bergerak di bawah Anda. Agen baru tersebut merupakan perpanjangan tangan dari bisnis pulsa yang Anda lakukan.

Sangat disarankan agar Anda membidik agen-agen tersebut di luar daerah tempat tinggal Anda supaya daerah penjualan bisa lebih luas. Namun, sebelum mereka mulai beroperasi, sebaiknya Anda memberikan beberapa latihan singkat terlebih dahulu seperti manajemen keuangan, cara isi pulsa m-kios, cara menjadi agen m-kios dan lain-lain. Hal ini akan sangat membantu Anda memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Besarnya Penambahan Modal Bisnis

Kalau untuk yang satu ini, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir. Asalkan Anda mampu menerapkan manajemen keuangan dengan baik, dengan sendirinya modal untuk penambahan bisnis tersebut akan tersedia. Hanya jika Anda berani, Anda boleh mengambil dana tambahan dari luar entah itu hasil pinjaman ataupun yang lainnya.

Tetapi jika Anda enggan, cukup sisihkan sebagian keuntungan yang Anda dapat dan tabungkan sebagai dana untuk pengembangan usaha. Memang cara ini lebih lama, tetapi tak ada salahnya untuk Anda lakukan.

Itulah 4 resiko yang sering dihadapi oleh para pebisnis pulsa murah. Sekali lagi, jangan biarkan resiko-resiko tersebut menjadi penghambat berkembangnya usaha Anda karena Anda tetap bisa mengusahakan solusinya dan kalau kebetulan stok pulsa Anda habis sementara Anda membutuhkannya dengan cepat, Anda bisa mencoba membelinya melalui aplikasi Kios Mobile Topup.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

–>