Analisa Usaha Kios Pulsa

Usaha kios pulsa di jaman yang serba digital seperti sekarang semakin populer. Sebagian orang bahkan jualan pulsa elektrik melalui online karena sistemnya lebih fleksibel. Pulsa elektrik sendiri nantinya akan terisi langsung ke dalam kartu provider prabayar hanya dengan memanfaatkan fasilitas perantara elektrik. Berbeda dengan menjual jenis pulsa voucher karena berbentuk fisik sehingga harus dijaga dengan baik.

Memulai bisnis pulsa biasanya hanya bermodal kecil 50 Ribuan, tetapi ada juga yang ratusan juta dengan skala bisnis yang lebih luas. Namun pernahkah Anda berpikir untuk menjadi agen jualan pulsa baik secara nyata maupun online? Sebelumnya Anda harus pandai melihat peluang usaha agar bisa menganalisis bisnis dengan baik. Nah, berikut adalah analisa usaha untuk kios jualan pulsa. 


Analisa Usaha Kios Pulsa


Analisis Bisnis Kios Pulsa 

Bisnis pulsa memang lebih berpotensi dengan perputaran uang yang sangat baik. Sebagian orang mungkin pernah gagal dalam berbisnis pulsa, karena harus membeli deposit pulsa tanpa cukup modal. Karena itulah, penting bagi kita untuk melakukan analisis usaha kios pulsa agar terencana dengan matang dan hasil yang diuntungkan lebih maksimal. 


1. Rencana Produk

Bisnis pulsa bisa dikatakan sebagai usaha yang dikembangkan dalam bidang komunikasi. Salah satunya adalah pulsa elektrik merupakan layanan utama sebagai produk andalan dari kios pulsa. Selain pulsa, Anda juga bisa merencanakan produk lain seperti pulsa voucher, pulsa listrik/token, voucher video game, kartu perdana, dan aksesoris handphone. Jika perlu rencanakan untuk membuka loket pembayaran tagihan listrik (PPOB). 


2. Hasil Produk

Hasil produk yang ditawarkan tentu harus beragam agar konsumen dapat memilih opsi sesuai kebutuhan mereka. Anda tak perlu khawatir untuk mendapatkan hasil produk, karena bisa mengambil barang melalui para agen pulsa atau penyedia distributor pulsa. Pastikan Anda mencari agen yang benar-benar bisa  dipercaya agar kualitas produk semakin baik dan sempurna. Produk tersebut bisa pulsa elektrik, voucher dan PPOB. 


3. Jenis bisnis dan Prospek

Melihat aksen bisnis yang satu ini sangat mudah dijalankan, apalagi di zaman modern sekarang. Tentu saja jenis peluang usaha kios pulsa memiliki prospek yang menjanjikan untuk masa mendatang. Dimana orang akan selalu membutuhkan smartphone, dan di situlah mereka akan membeli pulsa agar ponsel tetap bisa digunakan. Jadi, jangan heran semakin hari kebutuhan pulsa semakin banyak. 


Analisa Rencana Pemasaran

Setiap bisnis pulsa memiliki keuntungan tak menentu, tergantung berapa banyak konsumen yang datang ke toko pulsa Anda. Di sinilah rencana pemasaran sangat dibutuhkan agar bisa memaksimalkan penjualan dan mendapatkan banyak pelanggan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara menganalisa rencana pemasaran yang optimal. 


1. Alat

Beberapa alat yang dibutuhkan dalam memulai usaha kios pulsa adalah tempat usaha atau counter. Bagi yang ingin berjualan online, sediakan website atau media sosial sebagai lapak bisnis pulsa Anda. Kemudian lakukan pemasaran dengan membuat spanduk, brosur, pamflet, atau siaran yang disebar melalui aplikasi chatting seperti Line/BBM.


2. Analisis Pesaing

Analisis pesaing disini menggunakan SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat, dan Promosi). Strength (kekuatan), misalnya harga yang bersaing tidak mahal atau siap melayani lebih dari 12 jam penjualan pulsa. Weakness (kelemahan), yakni banyaknya pesaing karena bisnis ini cukup mudah dijalankan, serta kondisi jaringan lambat yang membuat transaksi pulsa terhambat. 

Kemudian ada opportunities (kesempatan), yakni keuntungan yang diambil dari pendirian usaha sangat mudah atau teknologi komunikasi membuat peluang bisnis pulsa semakin luas. Threat (ancaman), misal konsep pedirian usaha pulsa Anda ditiru orang lain sehingga pesaing banyak. Terakhir promosi pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial atau pemasangan banner di atas toko. 

Nah, bagaimana Anda sudah paham cara analisa sebuah usaha? Kini saatnya Anda membuka usaha kios pulsa sendiri di rumah. Jika masih bingung mau mulia dari mana, silahkan gabung bersama kami di KIOS Pulsa sebagai penyedia distributor pulsa untuk semua operator serta pelayanan PPOB terluas di Indonesia. Anda bisa melakukan pendaftaran secara gratis dengan cara mengirimkan SMS dengan format TOPMD#NamaAnda#Kota kirim ke salah satu sms center yang tertera diwebsite kami.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

–>