6 Cara Memulai Usaha Event Organizer untuk Pemula

6 Cara Memulai Usaha Event Organizer untuk Pemula - Salah satu jenis usaha ini memang jarang diminati oleh masyarakat umumnya, meski begitu jenis usaha yang satu ini banyak dilakukan oleh anak muda dan sampai saat ini usaha ini terus berkembang. Usaha event organizer merupakan salah satu jenis usaha yang memerlukan skill khusus, selain itu pemasaran jenis usaha yang satu ini agak khusus.

Kebutuhan EO saat ini terus meningkat, meskipun tidak setiap hari ada di lingkungan yang sama namun peluang usaha yang satu ini cukup menjanjikan. Jika Anda berminat usaha yang satu ini, berikut ini Admin berikan beberapa cara dan juga tips yang dapat dilakukan.

6 Cara Memulai Usaha Event Organizer untuk Pemula


Temukan tim yang solid

Kunci kesuksesan untuk Memulai Usaha Event Organizer untuk Pemula adalah dengan menemukan orang yang memiliki visi yang sama, kemauan yang keras, dan juga niat yang kuat untuk mencapai kesuksesan. Selain itu, Anda juga harus menemukan tim yang memiliki kemampuan yang tinggi agar Anda tidak bekerja sendiri dan merasakan lelah sendiri. Tim yang solid akan menentukan apakah acara yang dikerjakan nanti akan sukses atau tidak.

Modal yang cukup

Untuk penanaman modal, Anda dapat melakukan semacam iuran dalam kelompok. Iuran ini nantinya akan dijadikan sebagai dana untuk menyewa kantor, memenuhi biaya perizinan, pembentukan CV, dan juga menyewa peralatan kantor itu sendiri. Dengan adanya kantor resmi, tentunya usaha ini akan memperoleh legalitas dan mampu  Memulai Usaha Event Organizer untuk Pemula secara resmi.

Relasi

Relasi sangat penting untuk dapat menemukan klien, buatlah jaringan seluas mungkin dan seringlah menghadiri acara yang berkaitan dengan festival music ataupun acara lainnya. Semakin banyak kenalan, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan klien. Anda juga dapat melakukan kegiatan promosi di sosial media ataupun website.

Membuat langkah kerja

Jika mendapatkan pekerjaan untuk dalam sebuah event organizer, penting dilakukan bersama dengan tim kerja Anda untuk menentukan dan membentuk langkah kerja yang konkret. Usahakan agar sebuah terlibat dalam pekerjaan ini, buatlah kegiatan rapat, dan ciptakan kondisi agar seluruh anggota tim dapat menuangkan pemikiran atau ide.

Perbanyak pengetahuan dari masing-masing tim, cari atau browsing di internet, buku, atau Anda juga dapat mengingat konsep dari sebuah acara yang pernah dilihat atau diikuti. Ciptakan ide yang kreatif dan segera lakukan eksekusi secepat mungkin. Jika pada pekerjaan selanjutnya Anda menemukan satu atau beberapa anggota yang tidak dapat bekerja secara professional, jangan sungkan untuk melakukan pemecatan. Karena pekerjaan yang satu ini memerlukan orang yang professional dan juga kualitas hasil kerja yang baik.

Tujuan yang jelas dan baik

Kualitas yang baik tentu akan memudahkan usaha meningkat atau mencapai kesuksesan, agar usaha yang dilakukan naik daun dan memperoleh kesuksesan maka hasil kerja juga harus berkualitas. Pada awal memulai bisnis, tentunya harga yang murah dengan kualitas tinggi tidak masalah. Trik ini dapat dilakukan agar usaha EO ini mudah terkenal dan orderan semakin berlimpah.

Kerjasama/mitra kerja

Dalam rangka menciptakan layanan yang cepat dan juga solid, dalam sebuah usaha EO tentunya memerlukan mitra kerja. Mitra kerja ini dapat dimulai dengan menerapkan kerjasama seperti hotel, gedung serbaguna, GOR, auditorium, ataupun lapangan. Selanjutnya Anda dapat membangun kerjasama dengan orang lain yang memiliki keterkaitan dengan perlengkapan EO, semisalnya kursi, meja, video, penerangan, dan lain sebagainya.

6 cara dan juga sekaligus tips di atas tentunya dapat dilakukan oleh Anda ketika akan memulai usaha EO ini, yang terpenting dalam sebuah usaha adalah niat dan juga kemampuan Anda dalam menjalankan usaha tersebut.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

–>