3 Cara Bisnis Online Shop Bagi Pemula

Di era teknologi informasi yang pesat seperti sekarang ini, internet marketing bisa menjadi ladang penghasilan yang benar-benar menggiurkan. Jika Anda tertarik namun bingung bagaimana cara bisnis online shop, berikut ini adalah 3 cara jitu dan cepat meraih omset maksimal.

Bagaimana cara bisnis online shop bagi pemula?

1. Tentukan Siapa Konsumen Potensial Anda

Hal pertama yang harus Anda tentukan Adalah, kira-kira siapa yang akan Anda jadikan target pemasaran dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda harus memiliki target yang jelas siapa yang akan membeli produk atau jasa Anda. Hal ini sangat penting, untuk menentukan produk apa serta bagaimana strategi pemasaran yang terbaik setelah Anda mengetahui konsumen yang akan Anda tuju. 

Jangan sampai Anda tidak memiliki konsumen yang tidak spesifik. Artinya Anda ingin semua usia bisa membeli produk Anda. Hal ini bukan tidak boleh. Namun justru membuat Anda tidak fokus dan bingung untuk menentukan konsep pemasaran yang baik. 

Selain itu, Anda juga tidak akan mungkin bisa memuaskan semua pelanggan. Anda juga memerlukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui konsumen potensial yang akan Anda pada era sekarang ini. Misalnya saja, di era globalisasi sekarang ini, remaja Indonesia banyak menginduk gaya fashion dari luar negeri. Nah, dari riset tersebut Anda bisa membuat kesimpulan bahwa remaja adalah konsumen potensial Anda.

Cara Bisnis Online Shop Bagi Pemula

2. Produk barang atau jasa Apa yang akan Anda Jual?

Cara bisnis online shop bagi pemula yang kedua adalah PRODUK. Setelah Anda mengetahui target konsumen Anda, langkah selanjutnya adalah produk apa yang akan Anda jual. Ini penting. Anda harus benar-benar mempertimbangkan barang atau produk jasa apa yang kira-kira bisa Anda jual secara online. 

Coba Anda telaah, produk atau jasa apa yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen potensial Anda. Banyak yang terjadi sekarang ini, para penjual online hanya menjual produk sesuai dengan keinginan mereka, tanpa melakukan pengamatan terlebih riset terlebih dahulu mengenai apa yang dibutuhkan konsumen target Anda.

Jenis produk barang atau jasa:

Produk barang : pakaian, sepatu, kendaraan, properti, aksesories, dsb.
Produk Jasa: jasa penulisan, travel agent, jasa tutor, jasa rental mobil, loket pembayaran online, dsb.

3. Pikirkan darimana Anda Mendapatkan Modal?

Selain itu Anda juga menentukan di sini apakah Anda menjual produk barang atau produk jasa Anda sendiri, ataukah Anda menjualkan produk barang atau produk jasa orang lain, misalnya dengan sistem reseller, affiliate marketing, dropship, dsb. Jika Anda harus mengeluarkan modal untuk usaha bisnis online Anda ini, maka Anda harus memikirkan betul dari mana Anda mendapatkan modal yang cukup. Apakah Anda menggunakan dana pribadi kah seperti tabungan, deposito, dsb, ataukah Anda harus meminjam. Lalu Anda akan meminjam ke orang-orang terdekat Anda seperti orang tua, teman, pacar, dsb ataukan Anda akan meminjam ke lembaga keuangan seperti bank, koperasi, dsb. Perencanaan mengenai modal penting sebelum memulai usaha, termasuk di sini, usaha jualan online.

Setelah semuanya siap Anda tinggal fokus untuk berjualan menggunakan gadget yang Anda miliki. Teruslah untuk mengutamakan pelayanan pelanggan agar nantinya pelanggan yang membeli ke Anda akan dengan senang hati kembali lagi untuk membeli. Demikian ulasan mengenai cara bisnis online shop bagi pemula. Semoga bermanfaat. 
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

–>