website resmi kios pulsa pulsa murah

Mencari Peluang Usaha Online? Hati-hati Terjebak Skema "Money Game"!

Barangkali, Anda sering mendengar atau bahkan diajak berinvestasi tentang peluang usaha online dengan iming-iming modal kecil tapi untungnya besar-besaran. Ya, ini adalah Money Game! Sangat menggiurkan memang saat beberapa orang mengajak Anda untuk ikut berinvestasi dan melihat screenshot bukti mutasi rekening yang memiliki angka begitu fantastis. Sempat memang pada tahun 2014-2015 lalu, negara kita dibuat heboh dengan bermunculannya komunitas finansial yang memiliki sebuah skema bonus besar hanya dengan modal merekrut downline dan transfer uang ke sesama Anggota. 

Setelah menunggu beberapa hari (umumnya 1-2 minggu), seorang anggota akan mendapatkan profit 15%-30%. Cukup bagus untuk dijadikan passive income bagi orang yang tidak memiliki waktu untuk mengembangkan usahanya. Belum lagi perhitungan bonus merekrut anggota baru. Tidak heran, saat Anda diprospek, Anda akan menemui sejumlah angka yang jelas tidak masuk akal dalam waktu sesingkat itu. Lalu, apakah ini jelas-jelas aman? Tentu saja tidak. Apa lagi bagi para pemula yang sedang berusaha mencari peluang usaha. Ini tentu tidak aman bila tidak dibarengi pengetahuan yang cukup. 

Mencari Peluang Usaha Online? Hati-hati Terjebak Skema "Money Game


Maraknya bisnis online atau Money Game berkedok "Komunitas Finansial" dan skema aliran uang seperti saling mentransfer uang ini jelaslah berbahaya. Bila Anda jeli, ada banyak sekali member yang kehilangan rumah dan seluruh hartanya hanya karena ingin mendapatkan untung yang sangat besar. Lalu, bagaimana caranya agar tidak terjebak Money Game yang bersembunyi dalam konsep peluang usaha online? Simak beberapa tips berikut ini:

Tidak Tergoda Dengan Modal Kecil, Untung Besar dan Waktu Singkat

Meskipun nampaknya bisnis online sangat gampang dijalankan, namun bukan berarti peluang usaha online ini tidak memerlukan usaha yang keras. Anda salah! Bisnis online merupakan ladang usaha yang membutuhkan ketangkasan dan kecepatan berpikir. Sebagai seorang pemula, tentu saja harus dipahami. Apa bila Anda mendapatkan tawaran investasi, peluang usaha online atau apapun yang menawarkan profit besar, modal kecil dan waktunya yang singkat, Anda harus waspada. Kebanyakan bisnis semacam ini menggunakan skema ponzi (skema piramid), sebuah skema yang popular digunakan di dalam Money Game. 

Bila anda sempat mendengar MMM, PT 12 Suku, Dream For Freedom (D4F), SMSNUSA, Vioneer, AFC atau bahkan Arisan Safnida, semua adalah bisnis Money Game ternama yang sempat merajai Indonesia sekitar 4 tahun belakangan. Bagi para pemain Money Game, tentu saja hal ini bukanlah masalah, sebab mereka kebanyakan paham resiko. Tapi untuk para pemula yang belum paham skema ini, sebaiknya harus berhati-hati. Terlebih bila Anda hanya perlu mentransfer sejumlah uang ke member saja dan merekrut anggota untuk mendapatkan bonus. Anda tentu tidak disarankan menggunakan uang dapur dan kehilangannya begitu saja, bukan?

Cari Tahu Informasi Melalui OJK

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah sebuah lembaga yang mengawasi aliran dana di masyarakat. Tentu saja Money Game di negara kita tidak diijinkan karena bisa merugikan banyak orang. Di sinilah OJK berperan besar mengawasi sebuah badan usaha. Pastikan Anda mengakses berita terbaru mengenai lembaga yang dicurigai Money Game. Bahkan bidang usaha berkedok MLM pun masuk dalam daftar black list mereka. OJK selalu melakukan ini untuk melindungi masyarakat. 

Jangan Menggunakan Uang Dapur

Meskipun Money Game dikenal sebagai bisnis gelap, tidak semua pemain Money Game melakukan segala cara demi mendapatkan banyak member agar bonusnya semakin besar. Ada juga pemain yang membuat postingan khusus mengenai informasi soal ini, bahkan ia menjadi kiblat banyak orang untuk menentukan apakah sebuah Money Game akan “Scam” atau “Collaps” dalam waktu singkat atau bertahan lama. 

Bila Anda sudah memiliki pengetahuan soal ini, dan memang ingin terjerumus dalam peluang usaha online berupa Money Game, pastikan tidak menggunakan uang dapur atau uang yang masih Anda pakai untuk kebutuhan sehari-hari. Inilah kesalahan yang seringkali dilakukan orang. Dan faktanya, banyak diantara mereka yang sudah pemain besar justru menginginkan profit yang begitu besar sehingga mempertaruhkan seluruh uang yang ia punya. 

Pikirkan Jangka Panjangnya

“Only Paranoids Survive”, merupakan motto paling terkenal dalam dunia Money Game. Satu hal, Anda harus memikirkan dampak jangka panjang sebelum memutuskan bergabung dalam peluang usaha online seperti Money Game ini. Tidak ada yang bisa memprediksi kapan sebuah komunitas finansial mengalami kebangkrutan. Jadi, ada baiknya Anda mengurungkan niat. 

Itulah sederet tips singkat mengenai peluang usaha online yang bisa Anda ingat baik-baik agar tidak terjerumus dalam skema Money Game. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

–>