Tips Agar Konsumen Bisa Mempercayai Bisnis Anda

Tips Agar Konsumen Bisa Mempercayai Bisnis Anda : Memang menjadi sebuah tantangan bagi para pelaku bisnis untuk dapat dengan mudah memikat para konsumen yang telah ditargetkan. Tak mudah memang untuk membuat para konsumen yakin dengan bisnis, terutama dengan produk yang kita tawarkan. Untuk meyakinkan para konsumen, perlu dilakukan beberapa strategi.

Tips Agar Konsumen Bisa Mempercayai Bisnis Anda

Tips Agar Konsumen Bisa Mempercayai Bisnis Anda

Berikut terdapat beberapa strategi atau tips bagaimana caranya agar konsumen percaya dan tertarik dengan bisnis kita:

1.  Produk yang berkualitas

Anda harus meyakinkan konsumen bahwa produk yang Anda tawarkan pada mereka adalah produk berkualitas. Kualitas produk dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Sebut saja kemasan (untuk produk fisik), isi produk, citarasa produk (khusus untuk produk makanan dan minuman), dan khasiat atau manfaat produk, serta keawetan sebuah produk. baca juga Peluang Usaha Bisnis Sepatu Wanita Secara Online

2. Aktif promosi produk

Selain harus memiliki produk yang berkualitas, pastikan Anda juga aktif dalam melakukan promosi produk. Terdapat cukup banyak cara mempromosikan produk. Sebut saja misalnya promosi produk door to door alias promosi produk secara langsung pada konsumen, promosi produk secara online (online marketing) di mana Anda dapat memanfaatkan media sosial dan blog serta situs toko online Anda sebagai media promosi Anda. Cara promosi yang satu ini dinilai sangat efektif dalam menjaring banyak konsumen karena cakupannya sangat luas, cepat, dan mudah.

Untuk mendapatkan banyak konsumen, usahakan kegiatan promosi didukung dengan visual seperti foto produk yang akan dijual serta kalimat promosi yang menarik. Jangan lupa untuk mencantumkan keunggulan produk agar calon konsumen semakin tertarik dengan produk Anda.

3. Buktikan dengan contoh/ sampel produk

Ketika sedang melakukan promosi, sertakan katalog yang berisi produk dan keterangan detail soal produk tersebut. Katalog berisi contoh produk dalam format gambar, harga produk, pilihan/ varian produk, bahan, dan lain sebagainya.

4. Testimoni dari konsumen lain

Sertakan juga beberapa testimoni positif dari beberapa konsumen yang sudah terlebih dahulu menggunakan produk Anda. Anda dapat mencantumkan testimoni pada katalog, brosur, media sosial, atau situs toko online Anda. Tujuan dari dicantumkannya testimoni pada konsumen adalah untuk memberikan gambaran umum dan nyata dari para konsumen Anda yang telah merasakan keunggulan produk Anda.

5. Tunjukan pencapaian atau prestasi bisnis Anda

Tunjukan pula pencapaian yang pernah Anda raih. Misalnya saja beberapa public figure pernah menjadi konsumen Anda, produk yang telah mendapatkan legalitas dari pihak-pihak tertentu seperti BPOM RI, MUI, dll.

6. Demo produk

Boleh juga Anda melakukan demo/ trial terhadap produk agar konsumen semakin yakin dengan keunggulan produk kita. Dalam dunia bisnis, trial/ demo ini perlukan agar konsumen dapat melihat dan merasakan sendiri produk yang sedang ditawarkan (consumer experience). Nah, jika produk Anda berupa kuliner atau jasa, tak perlu ragu untuk memberikan free trial pada konsumen.

7. Bangun Merk

Merk memiliki peranan yang sangat penting untuk sebuah bisnis. Merk dalam dunia bisnis dapat mewakili rasa kepercayaan konsumen yang telah lama Anda dapatkan. Untuk membangun merk Anda, tetap lakukan strategi komunikasi marketing yang tepat dan konsisten.

8. Tawarkan program garansi

Pengembalian uang pembelian atau penggantian produk pada konsumen apabila konsumen menerima produk namun tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Cara menarik lainnya, informasikan pada konsumen bahwa Anda membebaskan konsumen dari pembayaran ongkos kirim sebagai konsekuensi kesalahan yang Anda lakukan. Meski merugikan Anda, anggap saja biaya-biaya ini sebagai pengganti biaya iklan demi mendapatkan kepercayaan konsumen.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

–>