Bisnis Internet Sulit Berkembang? Cek, Mungkin Anda Melakukan Kesalahan Ini

Bisnis Internet Sulit Berkembang? Cek, Mungkin Anda Melakukan Kesalahan Ini - Menjamurnya bisnis internet tak serta merta membuat bisnis ini terlihat selalu menguntungkan. Kenyataannya, meski peluang bisnis semakin terbuka lebar, persaingan bisnis juga menjadi lebih ketat sehingga peluang pelaku bisnis melakukan kesalahan juga semakin besar. Jika bisnis Anda sulit berkembang, coba cek, mungkin saja Anda melakukan beberapa kesalahan berikut ini.

Bisnis Internet Sulit Berkembang? Cek, Mungkin Anda Melakukan Kesalahan Ini

Kesalahan yang Menyebabkan Bisnis Sulit Berkembang

Hanya mengandalkan website

Pemikiran klasik pelaku bisnis via internet adalah hanya dengan membuat website dan upload produk atau jasa saja lalu bisa langsung laris. Padahal membuat website saja belumlah cukup. Anda juga harus melakukan langkah pemasaran untuk memperkenalkan produk atau jasa yang Anda jual kepada calon konsumen.

Anda harus aktif menjaring calon konsumen ke website, meramaikan traffic website dan menjual melalui sosial media. Hal ini dilakukan demi memperbesar peluang terjadinya penjualan yang tak terduga serta membuat brand produk atau jasa lebih mudah diingat oleh konsumen.
Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Meremehkan peran media sosial

Tahukah Anda bahwa media sosial bisa memengaruhi minat belanja calon pembeli? Status yang Anda buat di media sosial seperti Twitter, Facebook maupun Instagram memang tak selalu berbuah adanya penjualan. Tapi, status tersebut berpeluang untuk menarik lebih banyak follower yang relevan ke akun Anda.

Kesalahan banyak pelaku bisnis adalah meremehkan kekuatan media sosial dan mengabaikan adanya calon pembeli yang relevan di akun mereka. Kuantitas follower yang relevan sangat penting karena berpeluang menghasilkan penjualan yang tak terduga.

Mengabaikan brand bisnis

Di awal proses membangun bisnis internet, biasanya pelaku bisnis lebih berfokus pada penjualan. Tak sedikit pelaku bisnis yang mengabaikan bagaimana caranya bisa membangun brand produk yang dikenal dan dipercaya konsumen sehingga gagal untuk menarik calon konsumen potensial. Untuk membangun brand bisnis, Anda bisa memulai dengan membuat logo, motto serta nama bisnis yang menarik.

Di samping itu, bisa juga dengan melakukan endorse produk, membagikan sampel produk secara gratis sebagai perkenalan, mengenalkan brand bisnis menggunakan iklan di sosial media atau memposting status dan artikel secara rutin di website maupun akun sosial media.
Baca Juga : Bisnis Online Gratis Tanpa Modal

Salah target market

Salah menentukan target market bisa menyebabkan bisnis Anda sulit berkembang karena minimnya peluang penjualan. Pastikan sebelum menjual produk atau berpromosi, Anda menentukan target pasar yang spesifik sesuai dengan jenis produk maupun jasa yang Anda jual terlebih dahulu. Bila perlu lakukan riset kecil-kecilan untuk melihat reaksi pasar terhadap produk maupun jasa yang Anda jual.

Mengabaikan kualitas pelayanan pasca penjualan

Setiap konsumen memiliki potensi yang sama untuk menjadi pelanggan setia produk Anda. Jika Anda mengabaikan hal ini, bisa dibayangkan berapa banyak calon konsumen setia yang hilang karena kecewa akan buruknya kualitas pasca penjualan yang Anda berikan.

Untuk itu, berikan perhatian lebih pada konsumen. Bila perlu hubungi beberapa hari setelah penjualan apakah ada keluhan maupun masukan terhadap produk yang mereka terima. Selain itu, jangan lupa untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen di media sosial. Karena dari situ, Anda bisa memperoleh saran dan masukan yang penting bagi perkembangan bisnis internet yang Anda jalankan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

–>