Langkah Praktis Memulai Bisnis online Bagi Pemula

Langkah Praktis Memulai Bisnis online Bagi Pemula - Bagi ibu rumah tangga, karyawan maupun mahasiswa yang ingin memperoleh pemasukan tambahan biasanya lebih memilih untuk memulai bisnis online. Selain mudah, bisnis seperti ini juga tidak membutuhkan modal yang besar dan bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada tanpa mengganggu jadwal kerja Anda.  
Baca Juga : Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dilakukan di Rumah
Sebelum terjun memulai bisnis secara online, biasanya akan muncul pertanyaan mengenai berapa modal yang harus dipersiapkan? Jika modal merupakan permasalahan yang menghalangi Anda memulai bisnis, Anda bisa melakukan beberapa langkah persiapan memulai bisnis untuk pemula berikut ini.

Langkah Praktis Memulai Bisnis online Bagi Pemula

Langkah Praktis Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Membangun mindset bisnis yang tepat

Memiliki mindset bisnis dan sikap mental yang positif sangatlah penting ketika hendak membangun bisnis apapun. Anda tak akan berhasil membangun bisnis apabila pikiran Anda masih dipenuhi keraguan. Untuk membangun bisnis, dibutuhkan suatu komitmen, perencanaan yang matang serta kemauan yang dimulai dari diri sendiri.
Baca Juga : Keuntungan Dan Kerugian Menjalankan Bisnis Online
Hampir 95% kesuksesan bisnis ditentukan oleh kualitas pribadi pebisnis. Jadi, setidaknya Anda harus memiliki visi yang jelas mengenai arah bisnis serta kemampuan Anda. Perhatikan pula beberapa faktor yang bisa mempengaruhi keberlangsungan bisnis seperti modal, jenis produk yang hendak dijual, pasar yang dituju, strategi pemasaran serta tren bisnis yang sedang berlangsung.

Menentukan produk atau jasa yang hendak dijual

Tujuan membangun bisnis adalah untuk memperoleh penghasilan. Untuk bisa memperoleh penghasilan, maka Anda harus mulai berjualan. Anda bisa menemukan produk yang tepat untuk dijual dengan mencari apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar Anda.

Ketika Anda menemukan permasalahan di sekitar, pikirkan bagaimana bakat dan passion Anda bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Pikirkan pula bagaimana caranya produk Anda bisa menghasilkan suatu nilai yang berarti.
Baca Juga : 3 Cara Bisnis Online Shop Bagi Pemula
Terkadang untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat kita membutuhkan suatu riset pasar. Hal ini dilakukan guna mengetahui prospek produk di masa depan dan mencari informasi yang berguna untuk meningkatkan kualitas produk menjadi lebih baik.

Membangun sarana jual beli dan pemasaran online

Untuk memulai bisnis secara online, Anda juga memerlukan sarana guna mendukung proses jual beli. Sarana yang sering dipakai guna menunjang bisnis seperti ini biasanya berupa website, marketplace, sosial media atau media chat sosial.

Sesuaikan jenis sarana pemasaran yang Anda gunakan dengan target konsumen produk atau jasa yang Anda jual. Apabila Anda menargetkan konsumen anak muda, Anda bisa menggunakan media sosial yang populer seperti Twitter dan Instagram atau media chat sosial seperti Line. Apabila ingin menargetkan konsumen dewasa atau kelompok yang lebih luas, Anda bisa menggunakan marketplace, Facebook atau website.

Penggunaan sosial media dan marketplace cenderung lebih murah daripada penggunaan website pribadi karena bisa digunakan secara gratis. Sedangkan penggunaan website resmi menuntut adanya biaya sewa domain dan pemeliharaan website yang konsisten. 
Baca Juga : Peluang Bisnis Membuka Loket Pembayaran Online Tanpa Deposit

Belajar dari kesalahan

Setiap orang yang mencoba terjun ke dunia bisnis online berpeluang untuk membuat kesalahan. Gunakan kegagalan sebagai bahan pembelajaran untuk memperbaiki produk atau jasa yang Anda jual. Belajarlah dari pebisnis lain dan bergabunglah dengan komunitas bisnis di sekitar Anda. Dengan begini, Anda bisa belajar pengalaman baru dan memperoleh ilmu bisnis yang unik dan up to date. Selamat mencoba.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

–>