7 Kesalahan Berdagang yang Harus Diketahui

Ini dia 7 kesalahan saat berdagang yang harus diketahui dan dipahami bahwa mitra Kios Pulsa tidak bisa asal-asalan saat berdagang. Berdagang tidak boleh asal-asalan. Berdagang dengan asal-asalan hasilnya pun juga akan asal-asalan.Mari kita simak satu persatu, apakah ada salah satu poin yang teman teman lakukan.

7 Kesalahan Berdagang yang Harus Diketahui


Produk yang sukses di pasaran adalah produk yang diinginkan pasar. Jadi jangan mengawali dari keinginan kita ingin menjual apa, tetapi awali dari keinginan pasar, gali apa yang dibutuhkan konsumen di lingkungan dan gali masalah yang perlu diberikan solusinya Menjual produk yang tidak dibutuhkan

1. Menjual produk yang tidak dibutuhkan

Sering kali kita memulai bisnis hanya memikirkan keinginan kita sendiri bukan keinginan pasar.

Lebih mengedepankan ego dalam jualan padahal belum tentu pasar dan konsumen di lingkungan membutuhkannya.

Sebab jika menjual produk yang sebenarnya tidak dibutuhkan pasar, ujung ujungnya tidak ada yang beli.

2. Tidak membuat rencana

Seringkali kita menjalankan bisnis minggu demi minggu, bulan demi bulan, tanpa pernah menyusun strategi, tanpa pernah menyusun rencana.

Jadi kita wajib untuk membuat rencana saat menjalankan bisnis supaya jualannya laris dan omzet meningkat.

3. Marketnya tidak tepat

Kesalahan berikutnya adalah marketnya tidak tepat atau salah sasaran. Mau sehebat apapun teknik jualan, kalau marketnya tidak tepat maka ujung-ujungnya nggak ada yang beli.

Perlu diketahui bahwa hal mendasar saat menjalankan bisnis adalah kita perlu memastikan agar produk dijual di pasar yang tepat.⁠⁠⁠⁠

Kecenderungan para pebisnis pemula adalah seperti ini :

memulai bisnis dengan cepat tanpa pernah memvalidasi market atau bahasa sederhananya adalah memulai bisnis tapi asal mulai, tanpa cek dengan benar apakah sesuai dengan segmen pasar atau tidak, dan apakah produknya cocok dengan marketnya.

Seperti :

Jika produk menengah kebawah, maka agak sulit kalau dijual ke segmen menengah ke atas, dan begitu juga sebaliknya.

Di era sekarang adalah era yang sangat cepat berubah. Hal ini menuntut kita untuk beradaptasi dengan perubahan zaman.

Contohnya : jika kita 10 tahun lalu jualannya gelar lapak di keramaian, sekarang jualan juga wajib ada media sosial bahkan toko online.

Perubahan yang sangat drastis mewajibkan kita terbuka akan hal hal baru dan tidak boleh kaku/tertutup.

Memang tidak semua hal baru cocok dengan bisnis kita, namun kita perlu belajar sesuatu yang baru di era perubahan teknologi informasi agar tidak tertinggal oleh yang lain.

4. Tidak belajar sesuatu yang baru

Pebisnis yang sukses adalah pebisnis yang terbuka untuk belajar sesuatu yang baru. Pebisnis yang gagal adalah pebisnis yang enggan belajar sesuatu yang baru.

5. Jualan hanya asal jualan

Mungkin kesalahan ini cukup sering dilakukan oleh pebisnis pemula. Jualan tanpa disertai teknik. Ujung-ujungnya hasil tidak memuaskan karena tidak sesuai dengan keinginan. Jangan sesekali jualan tanpa mendalami teknik dan skill dalam menjual.

Bagaimana solusinya?

Jika pebisnis ingin menang dalam perang persaingan bisnis, selain rencana strategi bisnis yang disiapkan pebisnis, juga wajib menyiapkan amunisi bisnis. Kalau dalam bisnis dan jualan ya amunisinya adalah jualan.

Ada dua amunisi jualan yang penting untuk dimiliki, yaitu amunisi produk dan amunisi marketing.

Amunisi produk adalah kita wajib memastikan bahwa produk yang dijual memiliki kriteria sebagai produk yang berkualitas. Sedangkan amunisi marketing, misalnya seperti desain brosur, kartu nama, katalog, poster dll.

Tidak mempersiapkan kedua amunisi ini dengan baik, membuat jualan kita tidak maksimal dan bisnis cenderung sulit berkembang secara maksimal.

6. Tidak mempersiapkan amunisi perang

Selain strategi, amunisi perang pun penting. Jika pebisnis ingin menang dalam perang persaingan bisnis, selain rencana strategi bisnis yang disiapkan pebisnis juga wajib menyiapkan amunisi perang, kalau dalam bisnis dan jualan, ya amunisinya adalah jualan.

7. Semuanya dikerjakan sendiri

Bayangkan jika yang melakukan produksi produk, menjual, menerima komplain dan order, update status di media sosial untuk jualan adalah kita sendiri. Jika dikerjakan sendiri pasti tidak akan kepegang dengan baik.

Maka penting untuk diketahui bahwa bisnis akan sulit berkembang jika semuanya dikerjakan sendiri. Banyak pebisnis milyaran yang sudah sukses dan hal ini terjadi karena mereka membangun tim dalam bisnis. Tim ini bisa karyawan, reseller, freelance, tim penjualan, tim produksi dll.

Dari 7 Kesalahan saat berdagang yang harus diketahui di atas semoga kita bisa ambil beberapa poin penting yang bisa dihindari atau hal yang perlu dilakukan. Agar bisnis bisa terus berkembang. Bisnis bisa cepat berkembang jika kita menyiapkan prinsip yang benar saat menjalankan bisnis dan salah satunya menghindari beberapa kesalahan yang sudah dibahas.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

–>