website resmi kios pulsa pulsa murah

Yuk, Pilih Peluang Usaha Sampingan Untuk PNS

Memilih jenis peluang usaha sampingan untuk PNS tentu tak jauh beda dengan memilih peluang bisnis untuk para karyawan atau pekerja pada umumnya. Karena, secara umum setiap peluang usaha bisa diambil oleh siapapun. Asal bisa mengelola dan memenej waktu dengan baik, tentu setiap peluang bisa diambil oleh siapapun tanpa mengenal latar belakang pekerjaan.

Yuk, Pilih Peluang Usaha Sampingan Untuk PNS

Setiap bidang usaha boleh diterjuni siapa saja. Tak terkecuali untuk kita yang bekerja di instansi pemerintahan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Namun, apa kira-kira usaha yang sekiranya pas atau cocok untuk PNS..? Mungkin beberapa di bawah bisa kita lirik salah satu.

Sampingan ternak untuk PNS

Sekitar setahun yang lalu saya berkunjung ke sebuah kandang ayam pedaging dengan kapasitas kandang sekitar 10 ribu ekor ayam, yang dikelola oleh dua orang karyawan kandang atau sering disebut sebagai anak buah kandang. Segala keperluan kandang, mulai dari memberikan makan pagi dan sore, vaksin, dan urusan kebersihan, menjadi kewajiban anak buah kandang.

Kandang tersebut mampu menghasilkan laba hingga puluhan juta per panen dalam masa dua bulan masa ternak. Dan cukup terkejutnya saya ketika tahu bahwa seorang pemilik kandang adalah seorang guru Sekolah Dasar Negeri. Ini tentu cukup inspiratif, karena meski kesibukan yang di tinggi di tempat mengajar, namun seorang guru negeri pun bisa memiliki usaha sampingan yang lumayan besar dengan dijalankan oleh 2 orang karyawan.

Kisah singkat tersebut hanya satu dari banyak contoh. Intinya seorang pegawai negeri pun, memiliki banyak kesempatan untuk terjun di ranah wirausaha, khususnya ternak. Banyak pula pegawai negeri di daerah yang mengisi kesibukan sorenya dengan mengelola ternak. Mulai dari ternak ayam kampung, ayam bangkok, kambing, sapi dan lain-lain.

Bertani juga bisa

Ini juga bisa jadi sumber inspirasi bagi kita semua, bahwa beberapa pegawai negeri yang berdomisili di daerah berlahan subur seperti pedesaan utamanya daerah pegunungan, memilih bidang pertanian untuk ditekuni sebagai usaha sampingan. Usaha pertanian pun tak harus memiliki lahan yang luas. Karena di daerah-daerah biasanya terdapat lahan yang disewakan.

Tentunya tak harus dikelola sendiri, karena bisa dibantu oleh para pekerja atau petani di pedesaan. Komodity objek tani yang bisa dipilih pun sangat beragam, tergantung dari tingkat kesuburan tanah dan jenis tanaman yang cocok di suatu daerah. Bisa tani buah-buahan, sayur-sayuran, umbi-umbian, rempah-rempah dan beragam jenis komoditas hasil tani lainnya.

Dagang dan jasa boleh juga

Meski sebagai seorang pegawai negeri sipil, bukan berarti tak bisa terjun di ranah usaha dagang. Dagang bisa jadi alternatif usaha sampingan untuk PNS yang cukup mudah. Jenis dagang tentunya sangat beragam, mulai dari dagang makanan, pakaian, aksesoris, jualan pulsa dan lain sebagainya. Untuk lokasi juga bisa menyesuaikan, bisa di rumah maupun di luar rumah. Selain itu usaha jasa juga cukup menarik untuk dilirik, seperti laundry rumahan, potong rambut, reparasi dan lain sebagainya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

–>