Tips Mengatasi Kegagalan dalam Berwirausaha

Tips Mengatasi Kegagalan dalam Berwirausaha - Ini ada kasus menarik bagi Anda yang gagal dalam berwirausaha dan kasus ini mungkin juga pernah kita alami dan mungkin juga mereka yang baru berusaha untuk berbisnis...Langsung Aja ya...

Saya seorang mahasiswa yang juga ingin menjadi wirausahawan, Saya sudah berkali-kali membuka usaha tapi selalu gagal, sejak satu tahun yang lalu, terhitung saya telah berganti sebanyak 4 kali usaha yang berbeda mulai dari makanan seperti berjualan cireng isi sampai dengan usaha jasa pernah saya lakukan, namun semua usaha tersebut selalu gagal di tengah jalan dan hanya menyisakan kerugian. Semua usaha yang saya lakukan dalam skala kecil, sesuai kemampuan modal saya yang tak seberapa hasil dari menyisihkan usang saku saya. Saya tetap punya keinginan untuk usaha, namun saya bingung harus usaha apa lagi ?
Tips Mengatasi Kegagalan dalam Berwirausaha

Masalah diatas tentunya banyak yang mengalami hal yang sama, lalu bagaimana cara mengatasinya. Dalam kasus diatas kita jumpai kata "selalu gagal", kata-kata "selalu" kurang baik dipakai dalam pernyataan ini. Kata ini sangat tidak memotivasi dan menunjukkan bahwa sudah mulai menyerah. Jika Anda sering menggunakan kata "selalu gagal", maka kemungkinan usaha berikutnya akan gagal juga. 

Mari kita gunakan kata "belum berhasil". Thomas Alfa Edison bereksperimen 1.000 kali hingga akhirnya dapat menciptakan lampu pijar yang menggantikan lampu minyak. Teman-temannya bilang bahwa Thomas gagal 1.000 kali, tapi si jenius ini mengatakan "Saya berhasil mengetahui 1.000 cara yang membuat lampu pijar tidak menyala".

Pesan dari cerita ini adalah jadilah kegagalan sebagai sebuah ilmu, sebagai pengetahuan bahwa yang gagal kemarin itu ada sebab musababnya. Jadi dalam pengalaman enam kali gagal dalam menjalankan usaha, Maka perlu tahu penyebab kegagalan dari masing-masing usaha yang Anda jalankan. Dengan mengetahui penyebabnya mestinya tidak akan mengulangi penyebab kegagalan tersebut.

Coba renungkan penyebab kegagalan usaha-usaha yang Anda lakukan. Apakah Anda kurang tekun ? Kurang bisa berpromosi ? Boros menggunakan Uang ? Tidak bisa memprediksi jumlah pelanggan ? Barang Anda kurang bermutu dibanding pesaing? Carilah penyebabnya.

Tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman seputar kegagalan dan cara mengatasi kegagalan yang Anda alami. Kelak Anda akan tahu bahwa ternyata mereka yang sukses itu banyak mengalami kegagalan. Orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal, melainkan orang yang mampu bangkit dari kegagalan. Selalu Belajar dan berusaha, baca buku wirausaha, ikuti seminar dll. Semoga langkah selanjutnya bisa memetik keberhasilan.

Jangan lupa lihat Tips Sukses Menjalankan Usaha di Tengah Krisis. Semoga informasi ini bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

–>