Peluang Bisnis Makanan Dengan Omset Jutaan - KIOS PULSA

Peluang Bisnis Makanan Dengan Omset Jutaan

Berbicara tentang peluang bisnis makanan seperti tak pernah ada habisnya. Memang makanan hampir selalu ada di setiap tempat. Ya, karena jelas alasannya siapa yang nggak butuh makan dan minum? Semua orang butuh…entah di tempat wisata, tempat kerja, tempat belajar, tempat nongkrong, sepanjang jalan, hampir semua tempat butuh untuk adanya tempat untuk memenuhi hajat perut ini dalam aktivitasnya. 

Nah, sekarang pertanyaannya, pernahkah Anda bayangkan dengan membuka usaha makanan kuliner macam kantin sekolah atau kampus bisa mendatangkan omset jutaan rupiah dalam sebulan? Simak uraian berikut ini, siapa tahu bisa menginspirasi Anda yang hobi pada bidang kuliner untuk memulai peluang bisnis makanan ini.

Peluang Bisnis Makanan Dengan Omset Jutaan


Ceritanya begini, ada seorang ibu yang memulai usaha makanan dengan membuka usaha kantin sekolah. Bermula dari tawaran salah satu sekolah swasta di bilangan Sudirman, ibu ini membuka kantin untuk karyawan dan pelajar di sekolah tersebut. Menu yang ditawarkan kantinnya adalah burger, lontong cap gomeh, soto, gudeg, bubur ayam serta nasi rames. 

Untuk pendamping makanan berupa minuman ada pilihan aneka jus dan minuman instan. Menurutnya, ada strategi untuk menarik pengunjung kantin yaitu dengan membuat menu andalan yang jarang ditemui pada kantin yang lain. Dan beliau memilih lontong cap gomeh dan gudeg sebagai performer yang tampil beda dengan kantin lain. Demi menjaga kualitas makanan, beliau juga tidak sembarangan menerima titipan makanan dari pemasok lain. 

Harus ada fit and proper test istilah kerennya. Jadi makanan yang hendak dititipkan di tes dulu, layak tidak dari segi kualitas rasa dan penampilan, karena kualitas makanan yang benar-benar enak akan meningkatkan omset penjualan kantin. Untuk meminimalkan kerugian, sistem pembayaran untuk para penitip makanan ini dengan sistem terjual baru bayar.

Lalu, apa benar hanya dengan buka kantin di satu sekolah ini saja, bisa menghasilkan omset jutaan? Ooh..ternyata ibu ini memiliki taktik bisnis dengan menjalankan lebih dari satu bisnis, dengan alasan jika di satu tempat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penutupan atau penggusuran maka kita masih bisa punya usaha di tempat lain. Makanya ketika mulai buka kantin ini, beliau punya target untuk bisa buka empat outlet di tempat lain dalam waktu satu tahun. Alhamdulillah, berbekal cita-cita dan semangat yang tinggi, hingga saat ini dengan pengalaman selama 25 tahun, ibu ini sudah bisa buka enam outlet kantin di kawasan sekolah/kampus, perkantoran dan mall.

Berbagi pengalaman untuk buka outlet di pusat perbelanjaan, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda simak. 

  • Pertama, perhatikan lokasi apakah ramai pengunjung atau tidak, namun semakin raai pengunjung maka harga sewa tentu semakin mahal. 
  • Kedua, lakukan survey terhadap pengunjung, bisa yang bisa dilakukan dengan pengamatan dan memperhatikan, yaitu tentang apa yang mereka butuhkan, jenis makanan dan minuman yang mereka minati. 
  • Ketiga, lakukan sistem jemput bola pada lokasi perbelanjaan yang kurang ramai pengunjung, yakni Anda harus aktif menyebarkan leaflet atau selebaran untuk para penjaga toko di mall itu. 
  • Lakukan full service dengan mengantarkan makanan atau minuman jika mereka memesan. Tips berikutnya tentang stok bahan baku. Jangan tunggu sampai stok habis baru memesan karena Anda tidak bisa berjualan jika tidak ada stok bahan baku. Ambil dua supplier bahan baku yang terpercaya untuk langkah antisipasi, dengan menerapkan sistem penyetokan bahan 2-3 hari. Jangan lupa untuk memperhatikan waktu pengiriman bahan baku, terkait kelancaran lalu lintas dan kondisi jalan serta moda transportasi. 
  • Yang terakhir penting untuk diperhatikan adalah pemilihan lokasi usaha kantin atau outlet foodcourt jika Anda hendak membuka di beberapa tempat. Pilihlah lokasi yang sejalur yang mudah di jangkau dalam sekali jalan untuk memudahkan suplai bahan makanan dan kontrol usaha.

Lalu, apa benar hanya dengan buka kantin di satu sekolah ini saja, bisa menghasilkan omset jutaan? Ooh..ternyata ibu ini memiliki taktik bisnis dengan menjalankan lebih dari satu bisnis
Sebagai gambaran, untuk membuka bisnis makanan berupa kantin di sekolah atau kantor, harga sewa relatif lebih murah, hanya saja peluangnya lebih sedikit karena tempat yang disewakan terbatas. Untuk tempat-tempat seperti ini, Anda bisa mulai dengan membangun relasi dengan pengelola tempat atau gedung, atau bisa juga dengan mengajukan proposal. Sedangkan untuk tempat yang ramai seperti mall, supermarket, lebih banyak peluang untuk buka asalkan mampu membayar sewa dan ada tempat kosong maka Anda akan langsung bisa berjualan, namun harga sewa tentu lebih mahal. 

Ada dua sistem pembayaran sewa, yang pertama dengan cara pemotongan harga jual. Jadi dari harga jual produk Anda, dipotong 20% untuk pihak pengelola tempat atau gedung sehingga otomatis setiap bulan Anda tidak perlu diributkan dengan urusan pembayaran sewa tempat. Yang kedua dengan sistem bayar sewa tahunan atau bulanan. Untuk tahunan berkisar antara sepuluh hingga duapuluh juta rupiah, sedangkan untuk bulanan berkisar antara lima ratus ribu sampai satu juta rupiah, namun masing-masing tergantung lokasi dan kebijakan pengelola. Apabila omset perhari mencapai Rp. 250.000, maka dalam sebulan bisa diperoleh omset Rp. 7.500.000. laba bersih setelah dikurangi modal bahan baku, gaji karyawan, dan biaya lainnya adalah Rp. 2.500.000. Jika Anda mampu membuka 4 outlet kantin atau foodcourt maka Anda bisa menghasilkan Rp. 10.000.000 dalam sebulan. 

Lumayan bukan? Selamat mengikuti jejak dalam bisnis kantin ini, semoga Allah memberkahi.

0 Response to "Peluang Bisnis Makanan Dengan Omset Jutaan"

Post a Comment