Sampaikan Keluhan atau Komplain secara Elegan

Sampaikan Keluhan atau Komplain secara Elegan - Sering kali jika kita tidak merasa puas dengan sesuatu, kita akan menyampaikan komplain dengan berbagai cara. Tak jarang apa yang kita sampaikan membuat hubungan dengan kerabat atau orang lain menjadi tidak baik. Untuk itu, sampaikan komplain sesuai dengan etika agar hubungan juga tetap terjaga.

Menyampaikan keluhan atau komplain kepada seseorang kadang membuat emosi menjadi tidak stabil. Apalagi jika ternyata apa yang akan dikeluhkan tidak ditanggapi dengan baik. Menyampaikan komplain dengan selembar kertas melalui kotak saran dan kritikpun terkadang tidak pernah ditanggapi. Hal tersebut justru membuat kita semakin emosi, bahkan marah-marah pada saat menyampaikan komplain.

Tak hanya itu, semakin berkembangnya media sosial, membuat banyak orang akhirnya juga mengungkapkan keluhan melalui media sosial secara berlebihan. Hal ini justru mengakibatkan apa yang dikeluhkan dianggap terlalu berlebihan dan justru mendapatkan tanggapan yang beragam.

Sampaikan Keluhan atau Komplain secara Elegan

Memberikan sedikit saran untuk Anda yang ingin menyampaikan komplain secara baik agar tidak merugikan kedua belah pihak.

  1. Untuk menyampaikan keluhan bisa langsung melalui telepon, email atau bertemu langsung dengan orang tersebut. Dengan begitu, mungkin saja akan langsung bisa diketahui sumber permasalahannya. Sehingga keluhan yang disampaikan bisa segera diperbaiki.
  2. Ada baiknya menyampaikan keluhan dengan sikap yang baik dan sopan. Jika dapat menyampaikan keluhan dengan baik, secara tidak langsung emosi negatif yang hendak disampaikan akan menjadi positif dengan pengotrolan diri yang baik.
  3. Jangan lupa, tambahkan senyuman meskipun hal tersebut mengecewakan. Jika sudah begitu, cobalah untuk tetap bisa menghargai meskipun diberikan dengan sikap atau pelayanan yang buruk. Cobalah untuk mengerti posisi yang dihadapinya saat ini.
  4. Selain itu jika tidak ingin protes Anda berdampak buruk, jangan membuat keributan. Sebuah keluhan tidak akan di dengar jika disampaikan dengan emosi yang meledak-ledak dan kasar. Justru semua orang yang ada disekitar Anda akan memperhatikan tingkah laku Anda. Boleh menyampaikan komplain tapi jangan sampai membuat sekeliling Anda merasa tidak nyaman dengan keributan yang Anda buat.
  5. Sebagai Manusia, Anda tetap harus menghargai pendapat orang lain. Jangan mengungkapkan kekesalan dengan berteriak dan hanya menempatkan kesalahan pada dirinya. Juga jangan mengutarakan kekesalan melalui media sosial. Jika tanggapan negatif Anda dibaca oleh masyarakat luas, maka tidak hanya merugikan bagi pihak yang di komplain, melainkan akan merugikan diri Anda sendiri.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

–>