Tips Merintis Usaha Rumahan

Tips Merintis Usaha Rumahan, Merintis usaha rumahan atau bisnis perlu kiat tersendiri agar bisa menjadi sukses. Berikut ini adalah kunci utama merintis usaha rumahan :

Tips Merintis Usaha Rumahan

1. Jangan takut memulai

Kita tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya menjadi sukses jika tidak berani memulai dari sekarang. Takut memulai sesuatu yang baru, gamang melangkah keluar dari pekerjaan selama ini, kuatir jika pilihan resign adalah pilihan yang salah, tidak percaya diri dengan kemampuan menjadi seorang pebisnis.

2. Jangan takut mengubah keadaan

Manusia dilahirkan untuk berjuang menuju masa depan lebih baik, bukan untuk pasrah pada keadaan apalagi mundur ke belakang. Padahal, jika diamati dengan seksama, banyak pengusaha sukses yang melemparkan rasa takut dan menggantinya dengan kesuksesan besar serta komitmen mengubah hidup jauh lebih baik.

3. Amati peluang dan potensi dari diri kita terlebih dahulu

Lihatlah dan lihatlah kembali ke dalam diri kita sendiri. Apa yang bisa saya lakukan dengan kelebihan yang saya miliki. Jangan takut menangkap peluang di depan mata, sekalipun tidak sesuai dengan ijazah yang kita miliki. Ijazah hanyalah salah satu faktor menuju sukses. Selebihnya, tergantung dari kecepatan menangkap peluang serta keberanian dalam melangkah.

4. Buka mata, buka telinga. Tangkaplah ide dan peluang dimana saja !

Peluang ada dimanapun dan kapan pun, tinggal bagaimana kita mengasah kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Buka mata, buka telinga. Banyak usaha rumahan sukses yang berawal dari memanfaatkan produk utama di sekitar. Tahu susu, keripik tahu, dodol tempe, keripik nangka, keripik duren, adalah contoh-contohnya. Bahkan limbahpun bisa menjadi sumber usaha jika kita jeli dan kreatif.

5. Pilihlah usaha atau bisnis sesuai pengalaman dan minat

Salah satu cara termudah mengelola bisnis adalah dengan memulai bisnis yang sesuai dengan minat dan pengalaman kita. Salah satu penyebab macetnya bisnis adalah faktor ikut-ikutan. Meniru sebenarnya bukanlah hal yang salah. Namun jika hanya sekedar meniru tanpa memiliki minat, dapat dipastikan bisnis tersebut akan cepat gulung tikar. Bisnis yang tahan lama adalah bisnis yang dijalankan karena rasa suka dan minat. Mari perhatikan beberapa pemilik usaha sukses. Hampir bisa dipastikan mereka menyukai apa yang mereka lakukan, dan banyak yang mengawalinya dari hobi.

6. Manfaatkan jaringan teman.

Selain menggali ide bisnis berdasarkan minat dan pengalaman, sumber lainnya adalah peluang bisnis yang muncul dari jaringan teman yang kita miliki. Ada pepatah yang mengatakan, dimana ada orang berkumpul, disitu ada uang dan pekerjaan. Semakin banyak orang yang kita kenal, semakin luas kemungkinan mendapatkan peluang berharga. Kita juga bisa memanfaatkan Jaringan pertemanan di komunitas dunia maya dengan cara bergabung di komunitas bisnis online.

7. Lakukan tes untuk menentukan usaha atau bisnis yang paling cocok bagi kita

Perlunya memilih jenis usaha yang cocok bagi mereka yang ingin memulai wirausaha. Hobi saja tidak cukup, karena bisa jadi hobi bukanlah lahan bisnis yang cocok. Lakukan self assessment, melihat potensi diri secara keseluruhan sebelum memutuskan menekuni usaha tertentu, selain itulakukan tes pasar dan tes kenyamanan. Sebuah bisnis yang cocok bagi seseorang belum tentu akan cocok bagi orang lain, Itulah pentingnya melakukan tes dan tidak sekedar ikut-ikutan tren.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

–>