5 Usaha Yang Tahan Banting di Saat Krisis

5 Usaha Yang Tahan Banting di Saat Krisis - Krisis ekonomi yang melanda beberapa negara, salah satunya Indonesia memberikan dampak yang besar terhadap dunia usaha, termasuk kalangan UMKM. Menurunnya daya beli masyarakat membuat pelaku usaha harus pintar-pintar mencari solusi agar usahanya tetap eksis. Apalagi di masa krisis konsumen akan lebih mengutamakan untuk membeli produk sesuai dengan kebutuhan.


5 Usaha Yang Tahan Banting di Saat Krisis

Dalam situasi saat ini masyarakat menengah mulai menurunkan standar dengan mengakses produk-produk terjangkau atau produk diskon. Pelaku usaha harus mencari solusi baru misalnya dengan memodifikasi dan melakukan inovasi-inovasi baru sehingga tetap dapat di serap oleh konsumen. Simak Juga : 25 Ide Usaha Kecil Menengah yang Bisa Anda Jalankan

Usaha-usaha skala UKM yang tahan banting dan tidak sensitif terhadap krisis adalah usaha yang selama ini di pasarkan di pasar domistik, Jenis usaha skala UKM yang bisa dijadikan pilihan untuk di kembangkan pada saat kondisi krisis global adalah usaha yang sifatnya memiliki nilai kebutuhan dasar. Kebutuhan dasar ini meliputi kebutuhan sandang dan pangan, karena kebutuhan ini adalah kebutuhan primer yang paling di cari oleh masyarakat.


Berikut ini 5 Usaha-usaha yang tahan banting di saat krisis :

Usaha di bidang Sandang ( Pakaian ) adalah usaha yang tahan banting di saat krisis

Usaha jual beli pakaian adalah bisnis yang tidak akan pernah mati, bisnis ini selalu di butuhkan oleh masyarakat dan merupakan kebutuhan mutlak sampai kapanpun. Produk fashion yang tidak menggunakan bahan baku impor tidak akan terkana dampak krisis. Pakaian termasuk fashion yang tahan krisis terutama dengan bahan baku lokal dan model-model trendi yang casual, termasuk didalamnya seperti sepatu, tas dan aksesori.

Produk-produk fashion yang laris di pasaran adalah Produk baju bayi dan anak-anak, hijab, busana muslim dan batik. Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Kaos Lewat Internet

Usaha di bidang Pangan ( Makanan ) adalah usaha yang tahan banting di saat krisis

Makanan adalah kebutuhan pokok yang paling dibutuhkan dan di cari sampai kapanpun. Usaha kuliner adalah salah satu usaha yang tak akan pernah mati, disamping itu sifat konsumen Indonesia kerap bosan dengan satu jenis produk juga mempengaruhi penjualan.

Untuk saat ini, Usaha kuliner yang masih bertahan di saat krisis adalah kuliner dalam bentuk camilan ataupun makanan ringan. Untuk usaha kuliner lainnya seperti mie ayam, bakso dan makanan berat lainnya tetap dibutuhkan sampai kapanpun. Lihat Tips Agar Bisnis Kuliner Bisa Bertahan Di Masa Krisis


Usaha di bidang Jasa adalah usaha yang tahan banting di saat krisis

Peluang usaha Jasa ini sangat cocok dan akan berkembang di ibukota provinsi, karena disanalah biasanya konsumen dengan segmentasi menengah keatas tinggal. Selain itu masyarakat perkotaan mempunyai pendapatan tinggi sehingga tingkat konsumtifnya cukup tinggi pula.

Contoh usaha- usaha jasa ini seperti jasa Ojek online, Taxi, Salon dll.

Usaha di bidang Pendidikan adalah usaha yang tahan banting di saat krisis

Pendidikan salah satu peluang usaha yang sangat dibutuhkan. Usaha dibidang pendidikan akan terus bisa bertahan. berikut beberapa usaha di bidang pendidikan yang bisa anda geluti :
Usaha bimbingan belajar, usaha kursus bahasa Asing, Usaha Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD, Usaha bina bakat, Usaha kursus musik dll

Usaha di bidang Kesehatan adalah usaha yang tahan banting di saat krisis

Kesehatan merupakan kebutuhan karena setiap orang pasti ingin sehat selalu, dan beraktivitas dengan baik. oleh sebab itu usaha dibidang kesehatan seperti klinik alternatif, terapi kesehatan dengan obat herbal dan terapi kesehatan lain akan terus menjadi pilihan banyak orang.

Ketika orang sakit, mereka akan mau melakukan apapun untuk bisa sembuh dari sakitnya. berikut beberapa usaha di bidang kesehatan yang mungkin bisa anda jalani : Usaha klinik Alternatif, Usaha pengobatan Herbal, usaha SPA tradisional, salon kesehatan dll.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, dan bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memulai usaha dan bingung mau usaha apa. Simak Juga : Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris di Indonesia
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

–>