Kesalahan Umum Pada Desain Blog Yang Harus Dihindari - KIOS PULSA Termurah

Kesalahan Umum Pada Desain Blog Yang Harus Dihindari

KiosPulsaMurah.com - Males banget nggak sih kalau ketemu blog yang bikin sakit mata. Isinya bagus, sesuai apa yang kita cari, tapi bacanya sulit. Huruf warna kuning dengan background hitam misalnya. Adalagi nih yang bikin geregetan, nemu blog bagus tapi warna dominannya merah menyala. Aduh, mataku yang normal saja nyeri gimana yang pakai kacamata ya kan? Memang nggak semua orang peka sama desain dan seni, tapi ada baiknya kita sebagai blogger belajar sedikit dari blog-blog lain. Kecuali nih ya, blog kamu memang ditujukan bukan buat mata manusia hahhaha. Memangnya ada? Ada lah, itu lho blog-blog siluman yang tujuannya Cuma datangin traffic sama dijadiin papan reklame online.

Kesalahan Umum Pada Desain Blog Yang Harus Dihindari

Beberapa Kesalahan Dalam Mendesain Blog

Ini nih, Kios Pulsa mau berbagi soal kesalahan-kesalahan umum desain blog yang sering muncul :

1. Terlalu Banyak Warna

Guys, mata manusia itu nyaman dengan maksimal 3 warna saja. Aku tahu kalau pelangi itu indah, tapi plis ya...jangan ambil semua. Jaman tahun 2009an masih dianggap wajarlah widget warna-warni kanan kiri dengan salju-saljuan dan mp3. Hellow...itu so pasti, yang lalu biarlah berlalu.

2. Terlalu Sedikit Area Putih

Tidak semua orang menyukai warna putih sebagai dominasi di blognya. Tapi, berdasarkan konsep ergonomika umum, hehhee...warna putih laksana udara bebas. Pengunjung blog merasa bisa bernafas lega dengan adanya area putih. Blog-blog terkenal biasanya memang punya background putih kan? Begitupun dengan website-website resmi. Pisahkan bagian-bagian penting sehingga pembaca blog tidak kelelahan.

3. Lupa Meletakkan Link Sosial Media

Kalau kamu blogger, seharusnya sudah sadar dong kalau sosial media itu penting. Orang akan lebih mudah menemukanmu di platform lain. Terlebih jika kamu memang niat menjadikan blog dan sosial media sebagai personal branding. Wajib pakai banget nyantumin sosial media di sana. Apa saja sih, sosial media yang harus dimiliki blogger saat ini?

Punya facebook kan? Lebih bagus lagi bikin facebook fanpage. Twitter, instagram, pinterest, memang nggak semua orang punya. Tapi salah satunya saja sudah cukup kok. Ehem, kalau google plus? Yeah, nggak banyak yang tahu kalau google plus itu penting. Padahal, buat SEO (search engine optimation) sebuah blog...share di google plus itu nggak bisa dipandang sebelah mata.

4. Tidak Mencantumkan Kontak

Nah loh, ada nggak yang masih menuliskan ‘about me’ nya berupa kalimat ‘seorang pembawa pesan dari dunia lain’ hahhhaa. Punya blog untuk bisnis mah ya harus nulisin kontak dengan jelas. Nggak masalah kok mau nulisin nama beken aja, tapi minimal banget cantumkan alamat email. Jangan lupa nih, harus ‘clearly displayed’ alias kelihatan dengan jelas. Kalau perlu, kamu buat page khusus untuk contact info.

5. Pemilihan Font Yang Salah

Pilihan font di blog memang lucu-lucu yah. Apalagi kalau kita sudah customize dengan membeli font dari pihak ke-3. Pengennya tuh pakai font unyu gitu deh. Tapi ya jangan dong, kasihan yang baca blog. Silakan mau pakai hand lettering kek, kaligrafi kek...tapi di luar content. Huruf-huruf berjenis fancy, curly, dan script...perlu dijauhi.

6. Minimnya Navigasi

Kalau aku nih ya, pengennya itu pengunjung betah baca blog. Beres 1 artikel, pindah ke artikel lain. Mana bisa kayak gitu kalau nggak ada navigasi, ya kan? Tab menu, widget label, atau widget artikel yang terkait adalah navigasi-navigasi standar dari sebuah blog. Emang masih ada blog yang polosan tanpa navigasi? Masih ada, banyak banget.

Soal desain blog jangan dianggap sepele, ini adalah top priority biar blog kita works well and looks good. Makanya jasa desain berseliweran dan nggak murah kalau mau pakai. Tanpa beli, kita bisa kok beresin sendiri. Tutorial sudah bertebaran, tinggal mau atau enggak saja melakukannya. Great content itu raja dari sebuah blog, kalau desain...ibarat baju buat si raja. Raja pakai daster kan nggak pantes. Raja itu minimal pakai batik tulis, sepatu kulit, dengan aksesoris elegan lainnya. Kurang lebih analoginya seperti itu.

Kamu termasuk yang merasa masih melakukan 6 kesalahan desain blog di atas? Yuk ah, jadiin blog kita nyaman buat mata siapa saja dan ucapkan selamat datang kepada para visitor.

0 Response to "Kesalahan Umum Pada Desain Blog Yang Harus Dihindari"

Post a Comment