Sejumlah Fakta Sejarah Menarik tentang Indonesia - KIOS PULSA MURAH

Sejumlah Fakta Sejarah Menarik tentang Indonesia

Jangan sekali-kali melupakan sejarah, demikian pesan penuh makna yang pernah diucapkan Bung Karno, proklamator sekaligus Presiden RI yang pertama. Dan, memang bangsa yang besar, adalah bangsa yang bisa belajar dari kesalahan sejarahnya. Bersedia, mengakui fakta sejarahnya sendiri, bukan memanipulasinya.

Dari sebuah akun twitter @SejarahRI, saya mendapat banyak info atau fakta sejarah menarik tentang Indonesia, yang awalnya tak saya ketahui. Cuitan tentang sejarah yang diposting akun @SejarahRI, benar-benar cuitan menarik, karena menambah referensi tentang sejarah yang pernah atau terkait dengan Indonesia.

Salah satu cuitan sejarah dari akun @SejarahRI, adalah, di Belanda, ternyata ada nama jalan yang diambil dari tokoh-tokoh atau pahlawan Indonesia. Nama jalan itu, adalah Jalan terdapat nama jalan yang diambilMohammed Hatta, Sutan Sjahrir dan RA Kartini. Nama jalan yang diambil dari nama para pahlawan Indonesia, ada di sebuah kota di Belanda. Kota tersebut adalah kota Haarlem.

Sejumlah Fakta Sejarah Menarik tentang Indonesia


Fakta sejarah lainnya yang dicuitkan akun @SejarahRI tentang koleksi buku Bung Hatta, Wakil Presiden RI pertama, yang juga seorang proklamator. Menurut @SejarahRI, koleksi buku yang dimiliki Bung Hatta mencapai 10 ribu buku, dengan terbitan mulai dari tahun 1800.

Akun @SejarahRI juga menuliskan, bahwa Bung Karno, selalu berlatih orasi pidato di bawah pohon beringin ditemani kawannya. Siapa kawannya? Inilah yang menarik. Akun @SejarahRI menyebut kawan Bung Karno yang menemani latihan orasi adalah Muso, yang kemudian jadi lawan politiknya dalam peristiwa Madiun 1948.

Pemilik akun @SejarahRI dalam kicauannya juga mengungkapkan, M. Roem meski pernah dipenjara oleh Soekarno, sama sekali tak pernah menyimpan dendam pada Presiden RI pertama tersebut. Namun M Roem memang pernah menyebut Soekarno seorang feodal.

Nah, cuitan ini yang menarik. Ternyata Indonesia bersama Amerika Serikat, ternyata pernah punya project (proyek) bom atom. Waduh. Cuitan lainnya dari akun @SejarahRI, bahwa di Timur Tengah Indonesia disebut dengan sebutan “Negeri Ahmed Sukarno.”

Cuitan berikutnya adalah tentang nama kecil Soekarno. Menurut akun @SejarahRI, Soekarno atau Bung Karno yang lahir pada 06 Juni 1901, bernama kecil Kusno Sosrodiharjo. Akun @SejarahRI juga membeberkan, bahwa sebelum proklamasi, bendera Merah Putih sudah berkibar di Sawahlunto, Sumatera. Dalam cuitannya lainnya, akun @SejarahRI mengungkap sepenggal fakta tentang perang 10 November 1945 di Surabaya. Menurut akun tersebut, perang 10 November di Surabaya adalah salah satu perang terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia. Perang ini meletus, didorong seruan ulama jihad membela negara.

“Jangan takut gagal, karena yg tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah,” demikian nasihat yang dliucapkan Buya Hamka, yang dikutip akun @SejarahRI dalam akunnya.

Akun @SejarahRI, juga mencuitkan sepenggal kalimat yang pernah diucapkan Inggit Ganarsih, Istri kedua Bung Karno. Kalimat itu ditujukan Inggit untuk Bung Karno. Biduk perkawinan Bung Karno dengan Inggit sendiri tak langgeng. Keduanya akhirnya memutuskan bercerai.

“Kus jangan lupakan rakyat,” demikian pesan Inggit kepada Bung Karno, seperti yang dikutip akun @SejarahRI.

Dalam daftar cuitannya, akun @SejarahRI juga mengungkap sekelumit fakta tentang sastrawan besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Menurut akun @SejarahRI, nama aseli sang sastrawan adalah Pramoedya Ananta Mastoer. Tapi kata ‘Mas’ di hapus karena dinilai terlalu aristokratik.

Cuitan ini menurut saya juga menarik. Akun @SejarahRI berkicau, bahwa Walther Hewel, teman akrab sang Fuehrer (Hitler) pernah tinggal di Indonesia dan ini fakta. Selanjutnya, akun @SejarahRI juga mencuitkan cerita tentang Iganasius Jonan, Menteri Perhubungan di kabinet kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Ternyata, Iganasius Jonan itu pernah ditegur Dahlan Iskan, Menteri BUMN kala itu. Jonan diminta Dahlan agar murah senyum dan ramah. Memang sih, Jonan, sebelum jadi menteri hingga sekarang jadi menteri, jarang mengulas senyum.

Ternyata, sejarah Indonesia lebih hebat dari sejarah suku Maya. Karena di kaki gunung Lawu, ada candi yang diidentifikasi lebih tua dari suku Maya. Candi itu adalah andi Cetho dan Sukuh. Begitu salah satu kicauan sejarah yang ditweetkan akun @SejarahRI.

Akun @SejarahRI juga berkicau tentang Friederich Silaban, arsitek Masjid Istiqlal. Friederich ternyata adalah seorang Kristen. Akun @SejarahRI juga dalam kicauan lainnya menjelaskan tentang arti dari Tampaksiring, nama salah satu Istana Kepresidenan yang ada di Bali. Tampaksiring diambil dari dua buah kata bahasa Bali, yaitu tampak (telapak) dan siring (miring).

Ada lagi fakta yang menarik dari kicauan @SejarahRI tentang kapur barus dan Firaun. Menurut akun @SejarahRI, kapur barus, zat utama dalam ritual pembalseman Fir’aun di Mesir, datang dari kampung Barus di Sumatera. Akun @SejarahRI juga mengungkap fakta menarik lainnya tentang Johannes Latuharhary yang namanya diabadikan jadi nama jalan di Jakarta. Menurut akun @SejarahRI, Johannes Latuharhary yang juga Gubernur Maluku pertama, saat meninggal tak bisa bayar biaya rumah sakit.

0 Response to "Sejumlah Fakta Sejarah Menarik tentang Indonesia"

Posting Komentar