5 Penyebab Naiknya Berat Badan yang Harus Anda Ketahui - KIOS PULSA MURAH

5 Penyebab Naiknya Berat Badan yang Harus Anda Ketahui

Memiliki tubuh ideal merupakan dambaan bagi banyak orang. Namun harapan kadang tidak selalu beriringan dengan kenyataan. Banyak orang memiliki masalah dengan berat tubuhnya, bahkan banyak yang menjadi tidak percaya diri karena memiliki tubuh yang jauh dari kata ideal. Tidak heran orang melakukan berbagai cara agar mendapatkan bentuk tubuh yang ideal ini.

5 Penyebab Naiknya Berat Badan yang Harus Anda Ketahui


Salah satu usaha yang bisa kita lakukan agar mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional yaitu dengan mengenali apa saja yang menjadi penyebab atau pemicu kenaikan berat badan.

Lalu apa saja penyebab kenaikan berat badan ? Berikut 5 penyebab  kenaikan berat badan yang harus anda hindari.

1. Depresi

Depresi berhubungan erat dengan berat badan. Penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Public Health di tahun 2010 menyebutkan bahwa orang yang sedang depresi cenderung akan mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Hal ini kemungkinan disebabkan orang yang depresi cenderung lari dari masalah dengan makan yang tidak terkendali seperti banyak mengkonsumsi  makanan berlemak dan berkalori tinggi.

Nah agar depresi anda bisa berkurang atau bahkan hilang maka cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menenangkan perasaan anda atau anda juga bisa mencurahkan masalah anda dengan orang terdekat anda. Dengan cara itu bisa mengurangi perasaan depresi yang anda alami sedikit demi sedikit.


2. Efek Samping Mengkonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Ada beberapa obat yang dapat memicu naiknya berat badan. Seperti jenis obat-obatan berikut ini:

Antidepresan

seperti di jelaskan pada poin pertama bahwa depresi menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan anda karena biasanya penderitanya lebih memilih untuk menyalurkannya pada aktifitas makan yang tidak terkontrol dan banyak menghabiskan waktu dirumah tanpa melakukan banyak aktifitas.

Salah satu cara mengatasi depresi tersebut yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan antidepresan. Namun sayangnya, kadang obat-obatan tersebut dapat memicu meningkatnya berat tubuh.

Steroid

Obat-obatan steroid kadang memiliki efek samping pada meningkatnya nafsu makan sehingga menyebabkan naiknya berat badan.kenaikan. Orang yang mengonsumsi obat-obatan steroid juga dapat mengalami perubahan pada bagian tubuh tertentu yang menyimpan lemak seperti pada perut dan wajah.

Obat-obatan lainnya

Selain Antidepresan dan steroid, obat-obatan yang juga menjadi penyebab kenaikan berat badan adalah , misalnya obat untuk menghilangkan migrain, diabetes, tekanan darah tinggi, kejang-kejang dan  obat-obatan antipsikotik yang biasanya digunakan dalam menangani gangguan bipolar dan skizofrenia.


3. Banyak Mengkonsumsi Makanan manis.

Mengkonsumsi makanan dan minuman manis berlebihan merupakan salah satu penyebab  obesitas atau kegemukan. Hal tersebut dikarenakan dalam Makanan yang mengandung gula terdapat suatu zat yang bernama kilojoule. Zat inilah yang tidak akan membuat anda kenyang setelah mengkonsumsi makanan atau minuman manis tersebut, sehingga membuat anda terus mengkonsumsinya.

Nah agar anda terhindar dari kenaikan berat badan, sebisa mungkin menghindari mengonsumsi minuman manis. Hindari minuman manis kemasan/softdrink dan gantilah dengan banyak meminum air putih serta mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air untuk menghilangkan haus.


4. Kurangnya minum air putih.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa air putih bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik akan membuat maksimal terjadinya pembakaran kalori di dalam tubuh, sehingga bisa mencegah penumpukan lemak pada tubuh.

Selain itu, air putih pun bermanfaat untuk melancarkan system pencernaan yang bisa membantu keluarnya kotoran dari dalam tubuh secara cepat.


5. Kurang Tidur

Salah satu yang menyebabkan naiknya berat badan yaitu kurang tidur. Ketika begadang di malam hari, biasanya akan membuat kita menjadi mudah lapar sehingga tentu akan memicu kita untuk ngemil. Nah aktifitas ngemil inilah yang bisa menyebabkan naiknya berat badan, belum lagi jika camilan tersebut merupakan makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolestrol tinggi atau makanan dan minuman manis yang mengandung gula.

Nah itulah 5 hal yang menjadi penyebab naiknya berat badan yang wajib anda hindari. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Penyebab Naiknya Berat Badan yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar