Pensiun Kaya Di mulai Usia 20 tahunan

Pensiun Kaya Di mulai Usia 20 tahunan - Pada usia muda usia seseorang, lebih baik disarankan untuk mengambil investasi dengan kategori agresif, meski ada pula yang memilih kategori konservatif. Sebab, yang bersangkutan dianggap usianya masih panjang dan masih mempunyai kesempatan yang lebih untuk bangkit. Sehingga, seandainya investasinya jatuh secara signifikan, dia masih punya kesempatan untuk bangkit lagi. Tak heran, banyak anak muda yang memiliki portofolio investasi di saham, campuran, mungkin ada pula sedikit obligasi. 

Pensiun Kaya Di mulai Usia 20 tahunan

Pada rentang usia ini, mendapatkan penghasilan sendiri merupakan hal baru, sehingga menjadi konsumtif adalah hal yang lazim terjadi. Memperkenalkan kebiasaan berinvestasi pada mereka pun harus pelan-pelan dan dengan cara yang mereka sukai, sehingga tidak merasa terpaksa melakukannya. Sama saja seperti menyimpan uang lalu dikunci, tidak tahu kapan boleh dibuka. Jadi seperti di awang-awang.

Tidak perlu menabung secara ketat, karena biasanya yang terlalu ketat malah gampang berantakan. Menabung secara kecil-kecilan seperti di reksadana Pasar Uang atau reksadana Pendapatan Tetap juga bisa. Kalau punya uang agak banyak, misalnya sekitar Rp. 5 juta, bisa memilih Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Bila kesulitan menyisihkan dana tabungan ketika masih muda, memanfaatkan program bank di mana uang tabungan langsung dipotong dari rekening dalam jangka waktu tertentu juga bisa dipilih. 

Berinvestasi  Di mulai Usia 20 tahunan bisa Pensiun Kaya 

Berinvestasi pada usia muda juga perlu melihat tujuan yang ingin dicapai. Selain itu, mengenali karakter diri sendiri juga penting. Jangan sampai baru saja mulai investasi, karena tidak sabar atau khawatir lalu dijual. Memilih berinvestasi properti pun, sah-sah saja dilakukan pada rentang usia ini. Perlu diingat bahwa uang muka untuk properti biasanya 30 persen. Kalau memang ada uang untuk membayar uang muka, bukan meminjam, Bagus sekali sudah memikirkan properti sejak dini. Nah, bila tak ada uang untuk membayar uang muka, lebih baik untuk mulai menabungnya jauh-jauh hari dalam bentuk logam mulia (LM). Beli Logam Mulia setiap bulan sedikit demi sedikit, misalnya 2-3 gram. Makin lama, harganya bisa terus naik dan ketika sudah terkumpul banyak, bisa dijual untuk dijadikan uang muka rumah. Beli Logam Mulia relatif aman karena harganya sulit turun.

Mari kita simak penjelasan  tentang pensiun kaya dimulai usia 30 tahunan, dan pensiun kaya dimulai usia 40 tahunan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

–>