Tips Mencari Supplier yang Tepat

Tips Mencari Supplier yang Tepat - Ada kalanya mencari supplier seperti yang diinginkan memang sangat sulit, apalagi jika baru memulai usaha. Tidak dipungkiri, supplier yang baik dan berkualitas akan meningkatkan kualitas produk pula sehingga hal tersebut akan sangat menguntungkan. Ada banyak kriteria yang dapat digunakan untuk menilai apakah supplier itu baik atau buruk, berkualitas tinggi atau rendah, dan itu semua tergantung dengan tujuan anda. Jadi dalam hal ini, penilaian setiap pebisnis bisa berbeda-beda.

Tips Mencari Supplier yang Tepat

Kredibilitas supplier dapat terlihat dari banyak hal. Salah satunya dari seberapa professional mereka melayani konsumennya. Seberapa responsifkah supplier tersebut menghadapi setiap pertanyaan, pemesanan dan keluhan konsumen. Ini dapat terlihat dari testimoni yang diberikan konsumen mereka. Selain itu, hal yang paling ampuh untuk mengetahui secara langsung kredibilitas mereka adalah dengan menjadi KONSUMEN terlebih dahulu sebelum memutuskan menjadi reseller.

Bisnis menjadi seorang reseller sangat mudah dijalankan oleh siapapun baik secara online atau pun offline. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari supplier yang terpercaya. Apa saja tips dalam mencari supplier tersebut? 

1. Memiliki respon pesanan yang cepat 

Supplier harus merespon pesanan dengan cepat karena persediaan stok barang di gudang sangat mudah berubah. Jika Sahabat meminta daftar barang yang masih tersedia, supplier ini harus cepat tanggap sehingga tidak dianggap membohongi calon pembeli karena menawarkan produk yang sudah out of stock. Jalur komunikasi dengan supplier sebaiknya menggunakan banyak channel, seperti telepon, email, atau chatting. Jadi jika satu channel bermasalah, Sahabat masih bisa menghubungi melalui channel yang lain.

2. Memberikan dukungan kepada para reseller 

Supplier yang baik memberikan dukungan kepada para resellernya dengan memberikan katalog dan informasi produk yang lengkap serta pelatihan bagaimana memasarkan produknya. Pelatihan ini dibutuhkan agar para reseller tidak salah sasaran dalam menentukan target pasarnya.

3. Bisa menangani pemesanan ke semua wilayah 

Belanja online tidak mengenal batas wilayah sehingga sebaiknya Sahabat mencari supplier yang bisa Sahabat ajak kerjasama untuk menangani pesanan dari segala penjuru baik dalam maupun luar negeri.

Oke, itulah sedikit tips mencari supplier (pemasok) yang baik dan berkualitas yang dapat saya berikan. Semoga tips mencari pemasok di atas bermanfaat dan dapat membantu anda menemukan supplier yang ideal seperti yang anda harapkan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui Tips Merintis Usaha Rumahan baca infonya ya, semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

–>