8 Penyebab komputer Hang - KIOS PULSA MURAH

8 Penyebab komputer Hang

Penyebab komputer hang dapat dari berbagai jenis problem, baik itu hardware maupun software. Mungkin Anda sudah pernah mengalami hal ini ketika sedang bekerja dengan komputer, atau sekedar membuka dokumen dan membuka sebuah aplikasi misalnya game, dan lain-lain, tiba-tiba komputer hang, aplikasi atau games menjadi stuck tidak bisa diapa-apain lagi.

8 Penyebab komputer Hang

Di bawah ini beberapa Penyebab komputer Hang.

1. Kondisi Harddisk

Harddisk yang telah berumur dan sering berjalannya waktu sambil menunggu harddisk “tutup usia” sering kali menjadi penyebab komputer hang. Harddisk ini mengalami kerusakan dengan beberapa pertanda awal mulai dari tidak terdeteksi saat booting awal, sehingga kita perlu mencabut kabel dan memasangnya kembali, kemudian baru terdeteksi.

Jika kondisi seperti di atas biasanya booting dan loading windows akan terasa lebih lama dan lambat, tidak seperti biasanya, hal yang seperti ini lah yang menjadi salah satu penyebab komputer hang.

Tapi bukan hanya harddisk lama, harddisk baru juga bisa jadi penyebab, jika terdapat bad sector. Harddisk yang bad sector inilah yang bisa jadi penyebab komputer hang. Terlebih jika bad sector berada pada awal partisi, karena disitulah file sistem anda disimpan. Windows dapat tiba-tiba tidak bekerja bila file sistem tidak dapat dibuka dikarenakan lokasi file terkena bad sector.

Masalah lain yang masih berhubungan dengan harddisk dan sering mengakibatkan hang yaitu fragmentasi pada data yang ada didalamnya, itu alasan mengapa butuh melakukan defrag terhadap harddisk.

2. Overheating Processor

Coba buka casing komputer atau laptop kemudian perhatikan kipas prosessornya, apakah tetap berjalan dengan normal? kipas yang tidak normal atau berputar sangat lambat bisa mengakibatkan sistem pendinginan tidak optimal dan bisa mengakibatkan overheating, kemungkinan komputer menjadi lambat bahkan hang. lebih-lebih bila kipas betul-betul tidak berfungsi.

3. Hardware

Hardware juga dapat menyebabkan komputer hang, jika kita menggunakan hardware yang kurang bagus, atau pada saat pemasangan tidak begitu bagus, atau tidak kompetible dengan hardware yang lain akhirnya terjadi complik hardware.

4. Kondisi Memory (RAM) yang buruk

RAM yang jelek atau kotor dapat mengakibatkan komputer berhenti bekerja secara tiba-tiba bahkan sampai blue screen atau tiba-tiba restart. Menambah ram menjadi dua keping juga akan menjadi masalah jika type atau jenis ram yang kita pasang tidak sama persis.

5. Setting Bios

Berhati-hatilah dalam melakukan settingan pada bios, jika ada kekeliruan dalam setting bios maka akan mengalami crash pada komputer.

6. FatalOE exceptions & VXD errors

Ini biasanya terjadi pada vga. vga merupakan salah satu hardware yang sering kali mengakibatkan masalah pada komputer anda. Install lah driver VGA dengan benar, karena jika tidak maka komputer akan mengalami screen freeze atau hang maka kemungkinan besar terdapat hardware yang conflik pada vga yang anda gunakan.

7. Virus

Jika komputer terserang virus, dan virus tersebut menghapus beberapa file system penting dalam komputer kita maka akan mengalami gangguan sampai pada akhirnya mengalami hang.

8. Konflik pada Software

Software atau aplikasi juga dapat menyebabkan komputer hang jika aplikasi tersebut tidak kompetible dengan perangkat kita atau tidak support dengan system yang sudah ada sebelumnya. Jadi sebaiknya berhati-hatilah sebelum menginstal sebuah software atau aplikasi kedalam komputer Anda.

0 Response to "8 Penyebab komputer Hang"

Posting Komentar