Pensiun Kaya Di mulai Usia 40 tahunan

Pensiun Kaya Di mulai Usia 40 tahunan - Semakin tua usia seseorang, investasi yang diambil sebaiknya yang konservatif atau tidak berisiko tinggi. Sebab, masa hidupnya semakin pendek. Kalau Anda menanam saham di usia yang sudah banyak lalu nilai sahamnya turun, kapan Anda bisa menikmatinya?. 

Pensiun Kaya Di mulai Usia 40 tahunan

Meski demikian, ada juga orang-orang dengan usia ini yang berani mengambil kategori agresif. Biasanya, mereka sudah paham ilmu investasinya, sehingga tahu akan risikonya. Jangan mudah tergiur investasi yang menjanjikan return (bunga) besar dalam waktu singkat. 

Berinvestasi  Di mulai Usia 40 tahunan bisa Pensiun Kaya 

Investasi yang aman bisa dipastikan bunganya kecil. Orang di rentang usia ini umumnya kondisi finansialnya sudah mapan. Kalau ingin hidup enak kelak saat pensiun, investasi properti bisa jadi pilihan. Selain itu, bisa juga uang ditanamkan pada investasi kategori konservatif lainnya, misalnya logam mulia, atau tabungan lain yang kecil risikonya. 

Bila ingin membuka usaha, yang bersangkutan bisa mulai melirik peluang, memanfaatkan jaringan relasi yang sudah dibangun dan pengalaman yang pernah didapat, kalau memang pernah mencoba. Sebaliknya, bila belum pernah berbisnis, membeli usaha waralaba bisa dipertimbangkan. Yang penting, teliti dulu usaha tersebut. Reputasi pemilik, peluang usaha, manajemen, dan lainnya harus bagus. Pada masa sekarang di mana gejolak pasar tak menentu, kurang pas bila hanya menginvestasikan uang ke pasar uang saja. Sebaiknya, juga diimbangi dengan investasi di bidang lain semisal bisnis. 

Orang-orang tak sungguh-sungguh mulai berpikir tentang pensiun sampai usia mereka 40-an. Lebih cepat Anda mulai, maka lebih baik, karena kekuatan yang Anda dapat dari investasi yang terus bertambah.”

Sederhanakan gaya hidup Anda. Mantra yang ampuh untuk pensiun dini adalah menabung lebih banyak dan belanja lebih sedikit. Jika lebih sedikit yang Anda habiskan saat ini untuk rumah, mobil dan liburan, maka lebih banyak penghasilan yang bisa Anda gunakan di masa depan. Pertimbangkan, apakah Anda benar-benar membutuhkan kamar tidur baru, mobil mewah, TV canggih, atau makan malam di luar rumah dua kali sepekan. Simak Cara Mengatur Keuangan Keluarga, Gaji 3 Juta/Bulan

Setiap orang pasti memiliki kekayaan, termasuk Anda. Di umur 40 ini Anda harus mengetahui sudah memiliki berapa kekayaan. Hal itu berguna untuk mengukur keadaan finansial Anda ke depannya. Cara mengukur jumlah kekayaan Anda adalah dengan menjumlahkan seluruh tabungan dan investasi (saham, properti, emas, dan sebagainya) dikurangi utang-utang yang ada (cicilan dan utang). Di umur 40, seharusnya jumlah utang Anda tidak melebihi jumlah kekayaan yang ada, dan jumlahnya akan terus meningkat seiring karir yang terus menanjak.

Mari kita simak penjelasan  tentang  pensiun kaya pada artikel mau pensiun kaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

–>