110 Ide Peluang Usaha Sampingan yang Menjanjikan - KIOS PULSA MURAH

110 Ide Peluang Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Usaha sampingan –  Di tengah semakin melambungnya harga bahan pokok serta akses kesehatan dan pendidikan yang cukup mahal membuat gaji kantoran terkadang dirasa kurang. Hal ini tentu membuat kita harus memutar otak bagaimana cara memenuhi kebutuhan harian dan jangka panjang ke depan.

Salah satu cara untuk menopang keuangan keluarga adalah memiliki usaha sampingan. Usaha sampingan bisa menjadi solusi bagi keluarga yang memiliki gaji tetap namun tidak mencukupi kebutuhan jangka panjang, apalagi untuk mulai menyicil rumah dan kendaraan.

Saat ini bisa dibilang, memiliki usaha sampingan untuk karyawan adalah hal yang mutlak. Selain karena tuntutan ekonomi juga karena karyawan sangat rentan sekali terhadap PHK. PHK massal yang terjadi pada 2018- 2019 belakangan ini cukup mencemaskan banyak kalangan.

Di samping itu juga, bagi sebagian orang yang memiliki jiwa wirausaha, usaha sampingan justru bisa menjadi penghasilan utamanya. Memang tidak semua usaha sampingan bisa dilakukan dengan telaten. Namun ada beberapa jenis usaha sampingan untuk karyawan yang bisa dilakukan di luar jam kerja di kantor.

Bahkan ibu rumah tangga sebaiknya juga memiliki usaha sampingan agar bisa membatu pemasukan untuk keluarga. Apalagi kalau kita punya banyak waktu luang. Tentu ini harus kita manfaatkan dengan baik, bagaimana caranya waktu luang tersebut menjadi produktif sehingga bisa menambah pemasukan untuk keuangan keluarga.


Peluang usaha sampingan terbaru


Berikut ini Kios Pulsa Murah bagikan beberapa ide usaha sampingan yang bisa anda jalankan berdasarkan bidang-bidang yang mungkin bisa anda geluti:

Usaha Sampingan Bidang Kuliner

Pertama adalah usaha sampingan dalam bidang kuliner, ada banyak sekali peluang usaha kuliner di sekitar kita. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Membuka Kedai Sarapan

Ide usaha sampingan yang pertama adalah membuka kedai sarapan. TIdak bisa dipungkiri, peluang bisnis sarapan pagi masih terbuka sangat lebar, usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Ada banyak makanan yang bisa kita jual, mulai dari lontong sayur, pecel, ketoprak, bubur kacang hijau, sampai gorengan.

Untung yang diperoleh juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan harga perporsi Rp 5000 saja kita bisa mendapatkan keuntungan sampai Rp 3000. Selain makanan, kita juga bisa menjual aneka minuman hangat, seperti kopi, teh, dan lain sebagainya.

Modal awal yang kita butuhkan juga tidak terlalu banyak, apalagi kalau kita punya teras di depan rumah yang bisa kita sulap menjadi angkringan untuk menjajakan aneka menu sarapan pagi. Target utamanya bisa siswa, mahasiswa sampai pegawai kantoran. Tergantung lokasi kita bukanya dimana.

Untuk gorengan yang bisa kita jual juga sangat banyak sekali. Sehingga potensi keuntungan yang kita peroleh juga bisa sangat besar. Bahkan bisa mengalahkan gaji pegawai kantoran. Apalagi kalau lokasi ktia strategis.

2. Membuka Kedai Kopi

Membuka warung kopi juga bisa menjadi usaha sampingan yang anda jalankan. Kalau kedai kopi sebaiknya kita buka pada malam hari. Untuk target konsumen sendiri adalah karyawan atau buruh sekitar. Untuk menarik minat pembeli sebaiknya sediakan TV dan tempat duduk yang nyaman.

Selain karyawan dan buruh, kita juga bisa menargetkan anak muda sebagai konsumen, namun tentu saja kita harus memvariasikan kopi yang kita jual. Silakan searching resep kopi yang digemari oleh anak muda. Jika anda tidak mau ribet dengan racikan kopi sendiri, anda bisa join dengan waralaba kopi yang ada.

Selain menyajikan kopi, anda juga bisa menyediakan berbagai camilan seperti gorengan atau aneka jajanan pasar. Usaha sampingan ini sangat cocok untuk pria. Tidak rekomended untuk wanita.

3. Membuka Warung Jus

Membuka kedai jus juga bisa menjadi ide usaha sampingan yang anda lakukan. Dengan bermodalkan gerobak, blender serta peralatan pendukung lainnya kita sudah bisa melayani permintaan costumer. Untuk pemebli utama biasanya adalah remaja hingga anak muda. Namun tidak jarang juga anak-anak atau orang tua.

Jika rumah kita berada di dekat kampus atau perkantoran, membuka kedai jus adalah peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi kalau cuaca sedang panas. Biasanya mahasiswa atau karyawan akan mengantri untuk mendapatkan segelas jus kita.

Selain jus aneka buah, anda juga bisa menyajikan capucino cincau atau pop ice serta soup buah. Semakin banyak varian minuman yang kita buat, maka pelanggan semakin bebas memilih minuman kesukaannya. Bagaimana? Anda sudah memiliki gambaran untuk membuka usaha jus buah?

4. Menjual Aneka Kue

Dari sekian banyak usaha, usaha makanan kedepannya akan selalu berkembang. Karena manusia itu pastilah membutuhkan makan. Salah satu makanan yang bisa kita tawarkan adalah aneka kue. Ada banyak macam kue yang bisa kita sediakan, mau jajanan pasar, cake, hingga aneka kue kering yang kita kemas dengan apik.

Selain bisa kita jual langsung di warung-warung atau kedai sarapan, aneka kue kering bisa kita pasarkan hingga ke minimarket atau swalaayan. Ini tentu saja membutuhkan kontiniunitas usaha yang konsisten agar pihak swalayan mengizinkan kita menitipkan kue kita di etalase mereka.

Kue yang anda tawarkan tentu saja harus enak dan memiliki kualitas baik, apakah itu dari segi kerenyahan, komposisi hingga nilai gizi yang tinggi. Kalau anda hobi masak, silahkan berkreasi sesukanya. Namun yang terpenting tentu saja sesuaikan dengan lidah konsumen yang kita bidik.

5. Membuka Catering

Usaha catering masih menjadi pilihan wirausaha kuliner yang menjanjikan, terutama untuk anda yang tinggal di perkotaan. Usaha katering tidak terlalu menguras tenaga dan pikiran. Untuk usaha ini bisa anda jalankan di rumah sendiri. Setiap ada pesanan anda bisa mengajak tetangga untuk bantu-bantu, dan nantinya akan diupah harian.

Pastilah ibu sekitar tempat anda tinggal akan sangat senang sekali karena bisa menambah uang pemasukan mereka. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha katering tidaklah besar, kita bisa memanfaatkan peralatan memasak seadanya.

Jika orderan dalam jumlah besar barulah kita menyewa atau membeli peralatan yang lebih lengkap. Usaha catering juga sangat cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa. Apalagi untuk mereka yang aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan. Biasanya pada acara kampus, pastilah membutuhkan konsumsi, ini tentu bisa menjadi peluang usaha untuk kita.

6. Membuka Warung Angkringan

Warung angkringan juga bisa menjadi ide usaha sampingan untuk anda. Anda bisa menjual aneka minuman hangat sampai camilan lezat untuk menemani malam-malam yang dingin. Mengingat masyarakat kita sangat suka jajan keluar malam hari.

Berbagai minuman seperti banderk, teh telur, jus pinang, dan sebagainya bisa menjadi menu andalan anda.

7. Pecel Lele

Kalau pecel lele sudah tidak diragukan lagi keberadaannya. Pecel lele bisa dibilang sudah menjamur hampir di seluruh kota di Indonesia. Tua muda, anak-anak dewasa, suka makan pecel lele. Memang, untuk membuka usaha pecel lele membutuhkan modal yang agak lumayan.

Setidaknya kita butuh modal sampai Rp 7 juta. Uang ini untuk membeli gerobak, bahan-bahan sampai perlengkapan masaknya. Namun kalau kita sudah punya nama, uang Rp 7 juta itu bisa ktia dapatkan dalam satu malam saja. Memang, untuk menjalankan usaha pecel lele membutuhkan kreasi terus menerus, agar pelanggan kita semakin suka dengan cita rasa pecel lele buatan kita.

8. Nasi Goreng

Selain usaha pecel lele, anda juga bisa membuka warung nasi goreng, bisa untuk sarapan atau untuk makan malam. Kalau di sekitar kampus, nasi goreng biasanya menjadi makanan favorit mahasiswa. Karena harganya murah meriah, mengenyangkan dan bisa sambil nobar.

Nah, untuk anda yang tertarik membuka usaha nasi goreng, usahakan anda menyediakan TV LCD yang bisa untuk nobar. Fasilitas ini biasanya menjadi daya tarik tersendiri, apalagi kalau ada Liga Champion.

9. Jualan Burger

Jualan burger juga bisa menjadi peluang usaha untuk anda. Burger kini bisa dibilang makanan cepat saji yang tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Untuk menjalan usaha burger sebaiknya anda menjalin kerjasama warawalaba, karena mereka sudah punya manajemen serta resep yang terjamin, pelanggan pun sudah percaya.

10. Buka Kios Pulsa

Membuka usaha Kios Pulsa juga merupakan salah satu Ide Usaha Sampingan yang sangat menjanjikan dikarenakan kebutuhan masyarakat akan pulsa handphone, kuota internet, token listrik serta berbagai macam pembayaran tagihan online. Jika Anda tertarik untuk memulainya bisa baca dulu Persiapan dan Langkah Dalam Cara Bisnis Kios Pulsa

Usaha Sampingan Dunia Pendidikan

Bisang Pendidikan adalah salah satu investasi jangka panjang yang tidak akan pernah berkurang peminatnya. Orang tua juga tidak akan ragu untuk menitipkan anaknya pada lembaga-lembaga yang sudah terbukti berkualitas dari segi SDM dan materi yang diajarkan. Itulah alasan kenapa usaha dibidang dunia pendidikan itu selalu menarik.

1. Buka Jasa Les Privat

Usaha sampingan bidang pendidikan yang pertama adalah membuka les privat. Anda bisa menawarkan les privat kepada anak-anak SD atau SMP untuk mata pelajaran yang anda kuasai. Untuk tahap awal anda bisa bergabung dengan lembaga privat yang sudah ada.

Namun jika anda memiliki relasi langsung kepada orang tua calon siswa, tidak ada salahnya kalau anda langsung menawarkan diri.

2. Buka Bimbel

Usaha bimbel juga memiliki prospek cerah ke depannya. Kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan membuat usaha bimbel akan terus berkembang kedepannya. Anda bisa membuka bimbel kecil-kecilan di ruangan rumah yang anda modifikas menyerupai ruangan belajar yang asyik.

Jika anda sudah memiliki modal yang cukup tidak ada salahnya untuk menyewa ruko dan mempekerjakan tenaga pengajar profesional. Meskipun pada awalnya adalah usaha sampingan, namun kalau kita jalankan dengan sungguh-sungguh maka bisa menjadi pemasukan utama keuangan anda.

3. Buka Tempat Kursus

Usaha sampingan selanjutnya adalah membuka tempat kursus. Anda bisa membuka tempat kursus berbagai keahlian, mulai dari kursus menyetir, kursus menjahit, kursus berenang, kursus memanah, kursus masak dan masih banyak lagi jenis kursus lainnya yang memiliki banyak peminat.

4. Menjual ATK

Ide usaha sampingan bidang pendidikan yang terakhir adalah menjual ATK dan keperluan belajar anak-anak. Ini tentu bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, terutama kalau kita tinggal di sekitaran kampus, sekolah atau perkantoran.

Usaha Sampingan Dunia Fotografi

Anda punya hobi fotografi? Meskipun anda sudah bekerja namun hobi fotografi anda tetap bisa tersalurkan dan ini bisa menjadi penghasil rupiah untuk kita. Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Pastilah menyenangkan rasanya kalau hasil jepretan kita dibayar. Berikut ini beberapa ide usaha sampingan untuk yang memiliki hobi fotografi:

1. Jual Foto Online

Anda bisa menjual hasil karya anda ke perusahaan atau ke majalah. Anda bisa menjual karya anda melalui website: Istockphoto.com (komisi 15% per foto), ShutterStock.com (komisi 20-30%), Fotolia.com dan StockFresh.com. Menjula foto secara online bisa mnejadi pilihan yang tepat untuk anda, apalagi kalau anda jauh dari area perkotaan.

2. Jasa Pemotretan Acara

Anda juga bisa membuka jasa pemotretan acara-acara seperti pernikahan, khitan, perayaan hari besar dan lain sebagainya. 


3. Menjadi Fotografer Berita

Anda hobi meliput berita terbaru? Silahkan coba saja melamar di situs-situs berita semisal kompas, detik, viva dan situs berita lainnya. 

4. Buka Studio Foto

Nah, anda juga bisa membuka studio poto. Memang untuk modalnya lebih besar. Namun tentu saja hasilnya juga lebih besar.

Usaha Sampingan Jual Jasa

Dibidang jual jasa, ada juga beberapa ide usaha sampingan yang mungkin membuat anda tertarik, berikut ini diantaranya:

1. Buka Jasa Loundry

Usaha loundry belakangan cukup populer karena banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Biasanya mereka yang membutuhkan jasa lounry adalah mahasiswa, karyawan kantoran sampai pegawai negeri sipil. Jasa loundry terbukti meringankan pekerjaan rumah mereka.

Usaha loundry sangat menjanjikan kalau anda tinggal di sekitar 3 tempat yang sudah disebutkan di atas. Untuk memulainya memang membutuhkan peralatan yang tidak murah namun juga tidak mahal seperti mesin cuci, strika, rak, dan perlengkapan mencuci lainnya.

Usaha sampingan ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Mengingat lokasi loundry bisa dilakukan di rumah, dengan menyediakan kios kecil di depan rumah atau ruangan yang sudah disulap menjadi ruang kerja untuk meletakan berbagai barang klien.

2. Cuci Motor

Bisnis cuci motor juga bisa dibilang sangat menjanjikan. Tidak banyak modal yang dibutuhkan. Hanya untuk membeli mesin pompa air khusus untuk mencuci motor saja dan beberapa peralatan pendukung lainnya. Bisnis ini cuku menjanjikan ke depannya.

3. Cuci Mobil

Setelah kita sukses dengan bisnis cuci motor, kini saatnya untuk mengembang sayap ke cucia mobil. Bisnis cucian mobil tentu saja membutuhkan modal yang lebih besar, apalagi kalau peralatan yang kita gunakan adalah peralatan modern seperti hidrolik.

Namun tentu saja hasil yang kita dapatkan sesuai dengan modal yang dikeluarkan. Untuk sekali cuci mobil saja, minimal RP 50.000 bisa kita kantongi, belum lagi untuk salon mobil yang lebih mahal lagi. Namun sekali lagi tentu saja membutuhkan modal yang lebih besar.

4. Jasa Makelar Properti

Menjadi broker properti bisa dibilang gampang-gampang sulit. Gampangnya, kita tidak butuh modal untuk membangun properti, sulitnya, kita kesulitannya kita harus mempelajari secara rinci spek rumah, kekurangan serta kelebihan, dan lagi kita kesulitan untuk mencari pelanggan properti saat ini.

Menjadi makelar tentu saja tidak bisa dijadikan pekerjaan utama, sebagai pekerjaan sampingan saja. Karena kita tidak tahu pasti kapan akan terjadi transaksi, tergantung dari keahlian kita mencari pelanggan dan meyakinkan pelanggan.

Untuk fee yang kita terima, bisa langsung dari seller atau kita selisih harga yang kita sepakati dengan pembeli dan penjual. Tergantung dari kesepakatan diawal. Maka dari itu, kita harus benar-benar sepakat bagaimana metode bagi hasilnya, jangan sampai diakhir baru kita sepakati.

5. Jasa Pindah Rumah

Jika anda memiliki mobil pick up, jasa pindah rumah atau pindah kost bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Apalagi kalau anda tinggal di sekitar kampus yang notabene mahasiswa biasanya kost dan sering berpindah tempat kost.

6. Travel Guide

Jalan-jalan yang dibayar? Siapa yang tidak mau. Jika anda hobi menelusuri tempat-tempat baru, objek wisata dan sebagainya, tidak ada salahnya untuk menawarkan diri menjadi guide. Anda bisa mempromosikan diri anda ke dinas pariwisata.

Akan lebih baik lagi jika anda mahir berbahasa inggris. Anda akan banjir peminat, apalagi kalau anda orangnya asyik. Selain jadi travel guide anda juga bisa membuka bisnis rental dan pemandu wisata, akan lebih prospek lagi tentunya.

7. Pengetikan

Bisnis pengetikan khusus untuk skripsi, makalah, TA, laporan dan sebagainya juga bisa menjadi bisnis sampingan tanpa modal untuk anda. Bisnis ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di sekitar kampus, sekolah atau instansi perkantoran.

8. Terjemahan

Anda mahir dalam berbahasa asing. Biasanya banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa anda. Selain itu, juga ada banyak di internet yang mencari penerjemah sebuah buku atau naskah. Silahkan anda cari di freelancer.com, atau elance, atau ketikan saja jasa penerjemah, nanti akan ada banyak situs yang mencari penerjemah.

Anda akan dibayar per buku atau naskah yang anda terjemahkan, tergantung dari jumlah kata atau halaman yang kita terjemahkan.

9. Service AC

Service AC tidaklah sulit, hanya membersihkan AC yang sudah lama dipakai dan banyak kotoran saja. Sebaiknya anda menjalin hubungan atau relasi ke instantsi pemerintahan atau pendidikan agar nama anda dikenal. Jasa ini juga tidak membutuhkan banyak modal, hanya membutuhkan semacam mesin penyemprot kotoran dari dalam AC dan peralatan pendukung lainnya.

10. Jasa Jahit Pakaian

Kebutuhan akan pakaian tentu saja tidak bisa ditawar-tawar lagi. Anda bisa membuka jasa jahit baju. Untuk bisa membuka jasa jahit baju tentu saja anda sebaiknya belajar pada ahlinya, anda bisa kursus kemudian magang di berabgai perusahaan jahitan pakaian yang ada di kota-kota besar.

Bisnis unut terbilang sangat enjoy untuk dijalankan, karena kita tidak perlu berpanas-panasan saat kerja, bisa kita lakukan di sebuah ruangan kecil di rumah. Untuk memperbesar pasar, anda bisa bekerjasama dengan sekolah, berikan potongan harga dan jaminan kepuasan pelanggan.

Usaha Sampingan Barang Bekas

Berikut ini beberapa ide usaha sampingan seputar barang bekas, asal jangan bekas paca* saja ya 😀 :

1. Jual Beli Motor Bekas

Jual beli motor bekas juga bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Untuk tahap awalnya anda tidak perlu menyetok motor, cukup mencari orang yang sedang akan menjual motornya kemudian anda tawarkan kepada orang yang anda kenal atau anda bisa promosikan diberbagai situs jual beli.

Jika anda sudah memiliki nama, barulah anda bisa mulai menyetok motor-motor bekas berbagai merek di kios atau show room kecil milik anda sendiri. Bisnis sampingan ini sangat menjanjikan, mengingat tidak smeua orang mampu membeli motor baru, sehingga motor bekas bisa menjadi solusi.

2. Jual Beli Handphone Second

Selain jual beli motor bekas, anda juga bisa mencobaj jual beli HP bekas. Skema usahanya hampir sama dengan jual beli motor bekas, pertama anda cukup menawarkan HP bekas yang hendak anda jual. Setelah anda memiliki naman barulah anda membuka counter sendiri.

Usaha ini akan lebih mantap lagi kalau kita kombinasikan dengan jualan pulsa dan token. Ketiga bisnis sampingan ini sangat menggiurkan dan kedepannya akan terus berkembang.

3. Bisnis Barang Daur Ulang

Siapa sangka ternyata barang bekas bisa menghasilkan rupiah. Bisnis jual beli kardus bekas, botol plastik, berbagai barang rongsokan juga sangat menjanjikan. Memang bisnis ini bisa dibilang terkesan kotor. Justru karena itu, tidak banyak orang yang mau terjun kesini.

Padahal keuntungan daari dari bisnis jual beli barang daur ulang ini sangat besar. Bisa 50-200% keuntungan yang kita dapatkan. Apalagi kalau kita bisa langsung menjual rongsokan tersebut ke pabrik. Untung yang kita peroleh sangat besar sekali.

Usaha Sampingan Bisnis Online

Untuk usaha sampingan selanjutnya adalah yang berkaitan dengan bisnis online, apa saja? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Toko Online

Usaha sampingan bisnis online yang pertama adalah dengan membuka ol shop. Ol shop sangat pesat sekali perkembangannya. Saat ini orang-orang sudah tidak ada pemisahnya, kalau dulu jarak menjadi kendala untuk transaksi jual beli.

Namun sekarang sudah tidak menjadi kendala lagi, apalagi sudah ada banyak jasa ekspedisi, baik dalam negeri bahkan luar negeri. Kita-kira apa saja yang bisa dijual? Semua produk bisa kita jual. Mulai dari makanan, pakaian, barang harian, barang elektronik dan sebagainya.


2. Penulis Content

Usaha sampingan bisnis online selanjutnya adalah menjual artikel. Menjual artikel? Benar, ada banyak orang yang mencari jasa penulis untuk mengupdate website mereka. Sama seperti artikel yang anda baca sekarang ini. Artikel yang anda baca ini saya tulis pribadi, namun bagi mereka yang tidak memiliki cukup waktu atau malas menulis biasanya mencari jasa penulis artikel untuk mengisi website mereka.

Jika anda memiliki kemampuan untuk menulis artikel yang enak dibaca anda bisa mencari klien atau menjadi portal besar untuk menawarkan diri. Biasanya di website mereka ada bagian untuk join us, atau write for us. Selain anda bergabung dengan website-website tersebut anda bisa menjual hasil tulisa anda di beberapa forum, seperti ads.id, kasku.co.id atau forum-forum lainnya.

3. Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas juga bisa menjadi usaha sampingan yang tidak mengikat. Penulis lepas baik itu situs berita atau majalah terbilang cukup menyenangkan, karena kita bisa meliput berbagai kejadian dan peristiwa di sekitar kita, kemudian kita akan dibayar untuk hasil tulisan kita.

Ada banyak situs berita yang menerima tulisan masyarakat, atau yang lebih dikenal dengan istilah citizen jurnalism. Silahkan ada cari saja situs-situs berita mereka, ada banyak sekali. Atau anda juga bisa mencari klien di project.co.id atau di ads.id dan lain-lain.

4. Menjadi Publisher Ads

Untuk bisa menjadi publisher anda harus memiliki sebuah blog atau website. Disini anda akan berperan sebagai blogger yang menampilkan iklan klien anda. Untuk periklanan yang sedang booming dan populer sudah sejak lama adalah google adsense.

Jika anda memiliki sebuah website yang anda isi dengan konsisten dengan artikel yang bagus, maka secara perlahan pengunjung website anda akan berdatangan, dan jika pengunjung anda sudah ribuan perharinya, maka anda tinggal menikmati hasilnya saja.

Kunci dari bisnis ini ada konsisten dalam membuat artikel untuk pembaca situs anda. Anda bisa memulainya dengan yang gratisan di blogspot atau yang berbayar dengan membeli hosting dan domain.

5. Jual Beli Barang ‘Dropship’

Anda mau jualan online tapi tidak punya produk yang akan anda jual? Tenang, karena dengan sistem dropshiping anda juga bisa jualan tanpa harus memiliki produk atau stok produk di rumah. Ada banyak sekali situs dropship, mualai dari pakaian, jilbab, sepatu, baju, tas dan perlengkapan lainnya. Baca juga Mudahnya Cara Jualan Pulsa Tanpa Aplikasi dengan Kios Pulsa

Silahkan anda cari sendiri saja di google, ketikan ‘dropship sepatu’, atau ‘dropship baju’, dan sebainya. Anda akan ketemu dengan berbagai situs yang menawarkan kerjasama, mereka akan menyediakan barang dan anda menjualkan barang mereka.

Anda bisa memulai dropship dengan media sosial yang anda miliki, misal fb, twitter, IG, line, atau anda bisa bergabung di tokopedia, bukalapak, FJB kaskus dan sebagainya. Disana anda bisa menjual berbagai produk tanpa dipungut biaya sedikit pun.

Dengan sistem ini, seolah-olah andalah pemilik prudk tersebut. Nanti produsen akan mengirim pesanan pelanggan anda dengan alamat anda sebagai pengirim. Meskipun anda tidak memiliki produk anda tetap bisa berjualan online. Wah, sangat sangat menyenangkan sekali bukan?

Carilah dropshiper yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi bagus, silahkan lihat testimoni dari klein mereka. Jangan sampai pelanggan anda kecewa karena barang rusak, tidak sesuai spek, berbulan-bulan baru sampai, dan yang penting lagi adalah harga arang bersaing.

Berikut ini beberapa ide usaha sampingan bisnis online lainnya:

6. Ikut Survey Online

7. Bisnis Affiliasi

8. Desain Grafis

9. Jual Ebook Tutorial

10. Makelar Website


Untuk penjelasan lebih detail sudah saya buatkan pada artikel: 15 Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Usaha Sampingan Seputar Fashion

Berikut ini beberapa ide usaha sampingan seputar fashion dan wanita:

1. Jualan Kosmetik

Saat ini ada banyak sekali produk kosmetik atau kecantikan yang beredar di masyarakat. Terkadang membuat masyarakat kita bingung, nah anda jangan menambah bingung ya. Anda bisa hadir di tengah masyarakat dengan produk terpercaya dan memiliki reputasi bagus.

Salah satu kosmetik yang sedang booming saat ini adalah produk MS* atau kosmetik lainnya. Anda bisa menjual produk kosmetik dari orang-orang terdekat, namun tentu saja anda sendiri harus menjadi testernya agar orang lain bisa percaya.

Tawarkan juga konsultasi gratis setiap pembelian produk. Jika anda pandai mengambil hati pelanggan maka, mereka akan dengan senang hati pasti menjadi marketing anda. Dimana mereka ngumpul biasanya mereka akan menawarkan produk anda, apalagi kalau produk anda bagus dan anda sangat ramah.

2. Jual Pakaian

Selain produk kecantikan, jualan pakaian juga bisa menjadi usaha sampingan anda di rumah. Jika anda memiliki cukup modal, anda bisa menyetok barang di rumah. Kalau tidak anda bisa menawarkan orang terdekat anda dengan brosur atau katalog.

3. Jual Aneka Produk Perawatan Kecantikan

Selain menjual aneka kosmetik, anda juga bisa menawarkan aneka produk perawatan kecantikan seperti penghilang jerawat, komedo dan lain sebagainya.

4. Membuka Salon

Jika anda memiliki cukup modal, tidak ada salah untuk membuka salon kecantikan. Tentu saja modal yang dibutuhkan tidak sedikit, mulai dari tempat, peralatan, tenaga ahli sampai bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk awalnya anda bisa memulai dari potong rambut.

Jika salon anda terbukti semakin berkembang anda bisa menawarkan creambath, cuci wajah, sampai treatment tubuh lainnya.

Usaha Sampingan Produk Digital

Selain produk fisik anda bisa juga bisa menjual berbagai produk digital atau teknologi, berikut ini beberapa ide usaha sampingan yang bisa anda geluti:

1. Membuat Aplikasi Android

Anda suka bermain android dan mengutak atik aplikasi android. Kenapa jadi pengguna, cobalah untuk membuat aplikasi sendiri. Aplikasi android yang sudah terintegrasi dengan google admob bisa menjadi ladang penghasil dolar yang tidak terbatas.

Siapa yang tidak kenal dengan game COC. Gmae fenomenal ini bisa meraup hasil perharinya sampai Rp 54 miliar. Wow, angka yang sangat fantastis sekali bukan? Namun tentu saja itu butuh proses, watku dan promosi yang luar biasa.

Untuk tahap awal, anda bisa membuat ebook sederhana tentu panduan menedit foto, ebook keagamaan, tutorial bahasa ingrris dan lain sebagainya. Jika ebook anda banyak yang pasang, maka secara perlahan tapi pasti, dolar pun akan mengikuti.

Bagaimana? Anda tertarik menjadi developer aplikasi android?

2. Membuat Aplikasi Berbayar

Selain membuat aplikasi android gratisan, anda juga bisa berbagai aplikasi apalkah itu aplikasi untuk PC berbasis windows, linux atau aplikasi berbasis android yang berbayar. Untuk tahap awalnya, biasanya aplikasi berbayar akan dibagikan secara gratis, namun untuk menikmati fitur premium harus membayar sesuai biaya yang anda kenakan.

3. Jualan Ebook

Anda mahir dalam bidang tertentu, tidak ada salahnya anda membuat aplikasi berbentuk buku elektronik atau ebook. Sama seperti aplikasi berbayar tadi, bagikan ebook anda secara gratis, namun untuk menikmati fasilitas full version pengguna harus membeli semacam lisensi.

4. Jual Web/Blog

Anda mahir dapat membuat dan mendesain blog/web? Wah, ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Karena di luar sana, ada banyak sekali orang yang mencari jasa pembuatan website atau portal. Silahkan anda cari saja klien di internet, ada banyak forum jual beli web, seperti kalau di Indonesia ada ads.id, di luar ada flippa.com, digital point forums, warrior forum dan sebagainya. 

5. Jual Template

Selain jual beli web anda yang mahir mendesain sebagai layout atau template web, anda bisa menjualnya. Desainlah sebuah template yang enak dilihat, SEO friendly serta fast loading. Template yang seperti ini bisa dijual ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Untuk menjual template anda bisa menjualnya di berbagai situs jual beli template, akan lebih mahal kalau jual tempat di pasar luar negeri.

6. Jualan Pulsa Elektrik

Jualan pulsa elektrik juga bisa menjadi pilihan. Bisa dijual secara online atau offline.

7. Pembayaran Token

Selain jualan pulsa, anda juga bisa jualan token atau pulsa prabayar PLN.

Usaha Sampingan Peternakan

Ide usaha sampingan yang terakhir dari KiosPulsaMurah.com adalah dibidang peternakan, perikanan dan pertanian, berikut ini beberapa ide usaha sampingan yang bisa anda coba:

1. Ternak Ayam

Ide usaha sampingan yang pertama adalah ternak ayam, anda bisa menjuaa daging atau telur ayamnya. Untuk jenis ayam juga bisa ayam kampung atau ayam potong. Jenis ayam tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk ayam potong umur produksi lebih cepat namun tentu saja ayam ini membutuhkan perlakuan yang super ekstra. Harus di lokasi yang tenang, jauh dari keramaian, dan sebagainya. Kalau ayam kampung biasanya lebih tahan namun umur produksi biasanya lebih lama.

2. Ternak Kelinci

Selain ternak ayam anda juga bisa mencoba ternak kelinci.

3. Ternak Bebek

Ternak bebek bisa menjadi alternatif untuk anda yang rumahnya di sekitar rawa.

4. Budidaya Ikan

Budidaya ikan bisa anda jalan secara sederhana di kolam terpal. Jenis ikan yang anda pelihara juga sangat beragam, bisa lele, mujair, nila, ikan mas dan sebagainya.

5. Tanam Sayuran

Ide usaha sampingan yang tidak kalah menggiurkan adalah tanam sayur mayur.

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali ide usaha sampingan bukan? Sangat rugi sekali rasanya kalau kita tidak memanfaatkan usaha sampingan ini sebagai penambah pemasukan untuk keluarga. Ayo berwirausaha sekarang.

Itulah beberapa ide usaha sampingan yang bisa anda jalankan yang kami rekomendasikan, semoga bermanfaat.